ANALISIS PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, KEMUDAHAN, RISIKO, DAN TARIF TERHADAP MINAT PENGGUNAAN QRIS (QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD) PADA UMKM DI KABUPATEN BANYUMAS

  • Salsabila Ayuniza Universitas Jenderal Soedirman
  • Christina Tri Setyorini Universitas Jenderal Soedirman
  • Sugiarto Sugiarto Universitas Jenderal Soedirman
  • Krishnoe R. Fitrijati Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi manfaat, kemudahan, risiko, dan tarif terhadap minat penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) pada UMKM di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan sampel sebanyak 100 UMKM di bidang kuliner. Data dikumpulkan menggunakan purposive sampling method dan dianalisis dengan program SPSS. Metode analisis meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji non respon bias, uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas), dan uji hipotesis (koefisien determinasi, uji F, uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi manfaat dan persepsi kemudahan berpengaruh positif terhadap minat penggunaan QRIS, sedangkan persepsi risiko tidak berpengaruh signifikan dan tarif MDR berpengaruh negatif. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah pentingnya penyedia layanan QRIS untuk fokus pada manfaat dan kemudahan penggunaan, serta meningkatkan sistem keamanan untuk meningkatkan kepuasan pengguna. Bagi UMKM, penggunaan QRIS diharapkan dapat meningkatkan efisiensi transaksi dan akuntabilitas pencatatan keuangan.

Published
2025-01-31
How to Cite
AYUNIZA, Salsabila et al. ANALISIS PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, KEMUDAHAN, RISIKO, DAN TARIF TERHADAP MINAT PENGGUNAAN QRIS (QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD) PADA UMKM DI KABUPATEN BANYUMAS. Jurnal Riset Akuntansi Soedirman, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 110-125, jan. 2025. ISSN 2830-571X. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/jras/article/view/14895>. Date accessed: 07 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.32424/1.jras.2024.3.2.14895.