Efektivitas Penggunaan Grup Chat Whatsapp dalam Penyampaian Komunikasi Organisasi

  • Angga Intueri Mahendra Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • Vian Hidayat Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas AMIKOM Yogyakarta
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.20884/jomik.v2i01.4339

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Efektivitas Penggunaan Grup Chat Whatsapp dalam Penyampaian Komunikasi Organisasi pada Ukm Uki Jashtis di Universitasi AMIKOM Yogyakarta. Peneliti Menggunakan pendekatan Kualitatif. Teori yang digunakan untuk menganalisis yaitu Teori CMC (Comunication Media Computer) oleh Spitzberg. Dalam Teori ini sebelum berkomunikasi dengan menggunakan media CMC, Terlebih dahulu mengetahui bagaimana media CMC yang baik untuk di gunakan dalam berkomunikasi. Dalam teori ini terdapat 3 faktor yaitu faktor dalam menentukan kriteria yang baik untuk di gunakan yaitu faktor Media, Faktor Pesan dan Faktor Konteks, yang nantinya akan menghasilkan sebuah asumsi yaitu efisiensi, pemahaman, kesesuaian dan kepuasan. Metode penelitian yang di gunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Interview, Observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model teknik menurut Miles dan Huberman Penelitian ini menyimpulkan bahwa Efektivitas Penggunaan Grup Chat Whatsapp dalam Penyampaian Komunikasi Organisasi pada Ukm Uki Jashtis di Universitasi AMIKOM Yogyakarta mendapatkan efisiensi yang dimana jika faktor konteks terpenuhi. Mendapatkan Pehamanan yang dimana saat faktor pesan terpenuhi. Mendapatkan kesesuaian yang dimana saat faktor media terpenuhi dan yang terkakhir mendapatkan kepuasan saat hasil efisiensi, pemahaman dan kesesuaian terpenuhi.

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas AMIKOM Yogyakarta 

##submission.authorWithAffiliation##

Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas AMIKOM Yogyakarta 

Referensi

Arianto., Bahfiarti, T., & Kalalembang, E. (2020). Computer Mediated Communication Dalam Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sulawesi Barat. Avant Garde: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 60-78. http://dx.doi.org/10.36080/ag.v8i1.973
Arnus, S.H. (2015). CMC, Pola Baru Berkomunikasi. Al Muazir : Jurnal Kajian Ilmu –Ilmu Komunikasi dan Bimbingan Islam, 8(2), 275-289. http://dx.doi.org/10.31332/am.v8i2.744
El-Jarn, H. (2014). Computer Mediated Communication, Social Networking Sites & Maintaining Relationships. Manchester: Manchester Business School
Kapriadi, P.R., & Irwansyah. (2020). Implementation of Computer Mediated Communication in Digital Staffing Based on Mobile Applications and Online Platforms at Startup Companies, Kareba: Jurnal Ilmu Komunikasi 9(2), 382-399.
Mulyana, D. (2014). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Cetakan ke-18. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Pratiwi, F.D. (2014). Computer Mediated Communication dalam Perspektif Komunikasi Lintas Budaya : Tinjauan Pada Soompi Discussion Forum Empress Ki TaNyang Shipper. Jurnal Komunikasi Profetik, 7(1), 29-44.
Suparno, B.A., Sosiawan,E.A., & Tripambudi, S. (2012). Computer Mediated Communication Situs Jejaring Sosial dan Identitas Diri Remaja. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 85-102
Diterbitkan
2022-06-08
##submission.howToCite##
MAHENDRA, Angga Intueri; HIDAYAT, Vian. Efektivitas Penggunaan Grup Chat Whatsapp dalam Penyampaian Komunikasi Organisasi. JOMIK : Jurnal Online Mahasiswa Ilmu Komunikasi (ISSN 2797-1023), [S.l.], v. 2, n. 01, p. 50 - 53, june 2022. ISSN 2797-1023. Tersedia pada: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/jomik/article/view/4339>. Tanggal Akses: 01 july 2025 doi: https://doi.org/10.20884/jomik.v2i01.4339.