Pengaruh Lagu Jepang terhadap Metode Pembelajaran Bahasa Jepang
Abstract
Jepang merupakan sebuah negara yang terletak di Asia bagian Timur. Negara ini merupakan salah satu negara maju yang memiliki banyak sekali inovasi dalam teknologi maupun budaya. Jepang sendiri menjadi salah satu tujuan para pelajar maupun pekerja yang ingin mencari pengalaman di sana. Maka dari itu, bahasa Jepang menjadi alat utama untuk berkomunikasi bagi mereka yang ingin belajar maupun bekerja di Jepang. Pada saat ini, pembelajaran bahasa Jepang masih selalu berinovasi dengan menggunakan beragam media pembelajaran. Adapun penelitian ini bertujuan untuk meneliti sebarapa efektifnya penggunaan lagu Jepang sebagai media pembelajaran bahasa Jepang. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk melihat seberapa besar manfaat penggunaan media lagu Jepang sebagai alat bantu dalam pembelajaran bahasa Jepang. Dalam penelitian ini, kami menggunakan metode penelitian tinjauan sistematik dimana kami menggunakan metode sistematis untuk mengumpulkan data sekunder, melakukan kajian riset, serta mengumpulkan data secara kualitatif dan kuantitatif. Adapun dari penelitian yang telah kami lakukan, kami menemukan bahwa penggunaan media Lagu Jepang sebagai alat bantu pembelajaran bahasa Jepang sangat efektif untuk digunakan. Hal ini dikarenakan lagu Jepang memiliki unsur-unsur yang lengkap mulai dari kosakata, aksara, maupun makna bahasa. Maka dari itu, dari penelitian yang telah kami lakukan, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan lagu Jepang sebagai media pembelajaran, mampu meningkatkan minat serta motivasi para pembelajar Bahasa Jepang dalam menggali lebih dalam lagi hal-hal baru yang ditemukan pada lirik lagu Jepang.
References
https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i5.2741
Dewi, N. W. (2022). Pengembangan Media Video Lagu sebagai Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang pada Siswa Kelas X. From http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9106
Pertalola, M. &. (2019). Efektivitas Media Lagu Bahasa Jepang terhadap Penguasaan Goi Siswa Kelas X SMAN 05 Padang. From Omiyage: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa Jepang, 2(2), 20-26.:
https://doi.org/10.24036/omg.v2i2.143
Sulaiman. (2023). Ketertarikan terhadap Pembelajaran Bahasa Jepang melalui Lirik Lagu JPop. From Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 9(1), 78-82:
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/J JPBJ/article/view/54130
Wati, L. S. (n.d.). Pengembangan Media Buku Ilustrasi Aisatsu Benkyoushimashou untuk Pembelajaran Kosakata Sapaan Bahasa Jepang dalam Lagu Anak Jepang Greetings Song-Kodomo no Uta. From https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/kejepangan-unesa/article/view/31206

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.



