Pengaruh Lagu Jepang terhadap Metode Pembelajaran Bahasa Jepang

  • Benediktus Rulando Universitas Pendidikan Indonesia
  • Maria Dewi Rindawanti Nur’aini Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tingin Pinasti Satia Rucita Universitas Pendidikan Indonesia
  • Vika Devy Videlia Naibaho Universitas Pendidikan Indonesia
  • Siti Hamidah Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Jepang merupakan sebuah negara yang terletak di Asia bagian Timur. Negara ini merupakan salah satu negara maju yang memiliki banyak sekali inovasi dalam teknologi maupun budaya. Jepang sendiri menjadi salah satu tujuan para pelajar maupun pekerja yang ingin mencari pengalaman di sana. Maka dari itu, bahasa Jepang menjadi alat utama untuk berkomunikasi bagi mereka yang ingin belajar maupun bekerja di Jepang. Pada saat ini, pembelajaran bahasa Jepang masih selalu berinovasi dengan menggunakan beragam media pembelajaran. Adapun penelitian ini bertujuan untuk meneliti sebarapa efektifnya penggunaan lagu Jepang sebagai media pembelajaran bahasa Jepang. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk melihat seberapa besar manfaat penggunaan media lagu Jepang sebagai alat  bantu dalam pembelajaran bahasa Jepang. Dalam penelitian ini, kami menggunakan metode penelitian tinjauan sistematik dimana kami menggunakan metode sistematis untuk mengumpulkan data sekunder, melakukan kajian riset, serta mengumpulkan data secara kualitatif dan kuantitatif. Adapun dari penelitian yang telah kami lakukan, kami menemukan bahwa penggunaan media Lagu Jepang sebagai alat bantu pembelajaran bahasa Jepang sangat efektif untuk digunakan. Hal ini dikarenakan lagu Jepang memiliki unsur-unsur yang lengkap mulai dari kosakata, aksara, maupun makna bahasa. Maka dari itu, dari penelitian yang telah kami lakukan, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan lagu Jepang sebagai media pembelajaran, mampu meningkatkan minat serta motivasi para pembelajar Bahasa Jepang dalam menggali lebih dalam lagi hal-hal baru yang ditemukan pada lirik lagu Jepang.

References

Aror, S. (2021). Metode Mnemonik dalam Lagu sebagai Alternatif Pembelajaran Bahasa Jepang di Indonesia. From Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(5), 2525-2536:
https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i5.2741

Dewi, N. W. (2022). Pengembangan Media Video Lagu sebagai Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang pada Siswa Kelas X. From http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9106

Pertalola, M. &. (2019). Efektivitas Media Lagu Bahasa Jepang terhadap Penguasaan Goi Siswa Kelas X SMAN 05 Padang. From Omiyage: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa Jepang, 2(2), 20-26.:
https://doi.org/10.24036/omg.v2i2.143

Sulaiman. (2023). Ketertarikan terhadap Pembelajaran Bahasa Jepang melalui Lirik Lagu JPop. From Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 9(1), 78-82:
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/J JPBJ/article/view/54130

Wati, L. S. (n.d.). Pengembangan Media Buku Ilustrasi Aisatsu Benkyoushimashou untuk Pembelajaran Kosakata Sapaan Bahasa Jepang dalam Lagu Anak Jepang Greetings Song-Kodomo no Uta. From https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/kejepangan-unesa/article/view/31206
Published
2025-05-23
How to Cite
RULANDO, Benediktus et al. Pengaruh Lagu Jepang terhadap Metode Pembelajaran Bahasa Jepang. J-Litera: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Budaya Jepang, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 43-47, may 2025. ISSN 2721-348X. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/jlitera/article/view/10972>. Date accessed: 04 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.jltera.2025.7.1.10972.
Section
Articles