Efisiensi vs. Kualitas: Evaluasi Kebijakan Anggaran Pendidikan dalam Pemerintahan Prabowo

  • Ajeng Faizah Nijma Ilma
  • Anandhiya Intan Prabandari

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi dampak kebijakan efisiensi anggaran pendidikan yang diterapkan pada masa pemerintahan Presiden Prabowo terhadap kualitas pendidikan, kesejahteraan tenaga pengajar, dan aksesibilitas pendidikan tinggi di Indonesia. Sebelum kebijakan ini diberlakukan, sektor pendidikan nasional sudah menghadapi tantangan seperti keterbatasan fasilitas, rendahnya kesejahteraan pendidik, dan tingginya biaya pendidikan. Melalui pendekatan kualitatif yang mencakup wawancara mendalam, studi kasus, dan observasi lapangan, penelitian ini menemukan bahwa pemangkasan anggaran memperburuk kualitas pembelajaran, meningkatkan beban kerja pendidik, menaikkan biaya pendidikan tinggi, serta memperlebar kesenjangan akses pendidikan. Analisis tematik mengungkapkan ketimpangan sistemik antar perguruan tinggi, dilema keberlanjutan pembiayaan, dan krisis kesejahteraan tenaga pendidik. Penelitian ini menegaskan bahwa kebijakan efisiensi tanpa mitigasi sosial berisiko menghambat pembangunan sumber daya manusia dan menurunkan daya saing pendidikan Indonesia secara global. Rekomendasi yang diberikan meliputi penerapan alokasi anggaran berbasis kinerja, diferensiasi pendanaan, dan penguatan kolaborasi publik-swasta untuk keberlanjutan sektor pendidikan.

Published
2025-04-29
How to Cite
ILMA, Ajeng Faizah Nijma; PRABANDARI, Anandhiya Intan. Efisiensi vs. Kualitas: Evaluasi Kebijakan Anggaran Pendidikan dalam Pemerintahan Prabowo. Lingkar Ekonomika, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 1-9, apr. 2025. ISSN 3032-0747. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/jle/article/view/15823>. Date accessed: 30 june 2025. doi: https://doi.org/10.32424/jle.v4i1.15823.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.