Metode Tanya Jawab untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Administrasi Rumah Sakit
Abstract
Tujuan pengabdian masyarakat ini yaitu untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Administrasi Rumah Sakit. Pengabdian masyarakat ini adalah metode tanya jawab dosen dan mahasiswa yang melibatkan 9 orang mahasiswa terdiri atas 1 orang laki-laki dan 8 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022. Pengabdian masyarakat ini menggunakan desain Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa 9 mahasiswa menyatakan telah belajar terlebih dahulu sebelum datang ke perkuliahan. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode tanya jawab dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah administrasi rumah sakit di ruang dosen Universitas Muhammadiyah Kudus.
Kata-kata kunci : Metode tanya jawab, motivasi belajar, mahasiswa