Kajian Tindak Tutur Direktif dalam Wacana Iklan Pinjaman Online Yusriani Febrian Ramadani Putri, Eti Setiawati

Main Article Content

Yusriani Febrian Ramadani Putri Eti Setiawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan fungsi dari tindak tutur direktif dalam wacana iklan pinjaman online, serta mendeskripsikan efek yang akan ditimbulkan dari adanya tindak tutur direktif tersebut. Penelitian dilakukan dengan metode dan pendekatan deskriptif. Jenis dari penelitian yang digunakan dalam proses penyusunan artikel ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah iklan pinjaman online yang ada di media sosial. Data dari penelitian yang dilakukan adalah berwujud kutipan kalimat pada iklan pinjaman online yang menyesuaikan dengan tindak tutur direktif. Teknik yang akan digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan metode dokumentasi dan metode catat. Lalu analisis data yang ada di penelitian ini berupa analisis data kualitatif dan metode padan pragmatik. Peneliti mendapatkan hasil penelitian yang dilakukan berdasarkan tindak tutur direktif dalam wacana iklan pinjaman online terdapat, jenis tindak tutur direktif berupa mengajak, memerintah, dan menasihati. Hasil lainnya adalah fungsi tindak tutur direktif berupa menyuruh, memohon, menasihati, menyarankan dan menentang. Serta efek dari masing-masing fungsi tindak tutur direktif tersebut.

Article Details

How to Cite
PUTRI, Yusriani Febrian Ramadani; SETIAWATI, Eti. Kajian Tindak Tutur Direktif dalam Wacana Iklan Pinjaman Online. Jurnal Iswara : Jurnal Kajian Bahasa, Budaya, dan Sastra Indonesia, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 13-25, jan. 2024. ISSN 2961-8045. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/iswara/article/view/9936>. Date accessed: 22 may 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.iswara.2023.3.2.9936.
Section
Articles