Lanskap Linguistik Coffee Shop di Kawasan Universitas Brawijaya
Main Article Content
Abstract
penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lanskap linguistik dalam penggunaan bahasa di tiga coffee shop di kawasan Universitas Brawijaya, yaitu Kopi Hub, Toko Kopi Jaya, dan UB Coffee. Dalam lanskap linguistik digunakan sebagai refleksi identitas budaya dan dinamika sosial, dianalisis melalui penggunaan bahasa dalam teks-teks yang muncul di ruang publik. Metode penelitian yang digunakan meliputi observasi dan dokumentasi, dengan fokus pada klasifikasi penggunaan bahasa yang bersifat monolingual dan bilingual. Pendekatan analisis data dilakukan dengan mengklasifikasikan penggunaan bahasa dalam kategori monolingual dan bilingual, serta mengidentifikasi pola dan fungsi dari teks yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua bentuk penggunaan bahasa tersebut mencerminkan keragaman linguistik dan strategi pemasaran yang efektif. Selain itu, fungsi utama dari teks-teks tersebut adalah sebagai informasi (petunjuk, larangan, perintah), namun juga memiliki fungsi simbolik yang terkait dengan identitas merek dan kebijakan bahasa. . Penggunaan bahasa Indonesia dan Inggris dalam konteks ini menciptakan pengalaman inklusif bagi pengunjung, serta representasi globalisasi dan kebijakan bahasa di masyarakat. Selain itu, ditemukan juga penggunaan bahasa lain seperti Arab, Jepang, dan Italia. Penelitian ini dapat memberikan wawasan tentang interaksi antara bahasa, identitas, dan dinamika sosial dalam konteks coffee shop di Indonesia.