Citra Perempuan dalam Konstruksi Budaya Jawa Era Orde Lama: Studi Kasus Film <i>Gadis Kretek</i> Karya Kamila Andini dan Ifa Isfansyah

Main Article Content

Aditia Muara Padiatra Imas Dariah Nisa Nurul Hamdiyah

Abstract

Obyek studi dalam penelitian ini adalah film Gadis Kretek yang merupakan gubahan dari Novel karya Ratih Kumala dan disutradarai oleh Kamila Andini dan Ifa Isfansyah. Film ini sendiri diambil sebagai obyek studi karena pemosisiannya dalam mencitrakan Perempuan sebagai sebuah entitas dalam konstruksi budaya Jawa yang kemudian dibatasi oleh narasi waktu tertentu, yakni masa Orde Lama. Karya ini sendiri mencoba untuk mendeskripsikan bagaimana kemudian citra perempuan tersebut tergambarkan menggunakan studi observasi dan historis. Hasil penelitian yang kemudian didapatkan dalam penelitian ini sendiri ialah bagaimana kemudian nuansa Orde Lama mengambil peran penting dalam pengkisahan film Gadis Kretek dan bagaimana situasi penokohan perempuan pada film tersebut sangat dipengaruhi oleh rekonstruksi masyarakat Jawa yang menjadi setting tempat dan menjadi latar pengkisahan daripada film tersebut.

Article Details

How to Cite
PADIATRA, Aditia Muara; DARIAH, Imas; HAMDIYAH, Nisa Nurul. Citra Perempuan dalam Konstruksi Budaya Jawa Era Orde Lama: Studi Kasus Film Gadis Kretek Karya Kamila Andini dan Ifa Isfansyah. Jurnal Iswara : Jurnal Kajian Bahasa, Budaya, dan Sastra Indonesia, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 44-56, jan. 2024. ISSN 2961-8045. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/iswara/article/view/10928>. Date accessed: 22 may 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.iswara.2023.3.2.10928.
Section
Articles