KKN Internasional Malaysia Bertemakan From Archipelago to Peninsula: Bridging Communities Through Education

  • Sheila Salsabila Rosyada Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Dwi Hatmoko PKBM-PNF KBRI Kuala Lumpur unit PPWNI, Malaysia

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kencangnya arus globalisasi berdampak pada dunia Pendidikan. Salah satu masalah pendidikan yang sedang dihadapi oleh bangsa Indonesia yaitu sulitnya akses pendidikan bagi anak Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Malaysia terutama yang bersifat undocumented atau tidak berdokumen dikarenakan adanya kebijakan dari pemerintah Malaysia dan kurangnya fasilitas Pendidikan yang disediakan oleh Indonesia. Untuk menjawab permasalahan tersebut, Universitas Jenderal Soedirman menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional di Malaysia. Salah satu sanggar belajar yang menjadi tempat Kuliah Kerja Nyata (KKN) yaitu PKBM-PNF KBRI Kuala Lumpur unit PPWNI. PKBM PNF KBRI Kuala Lumpur unit PPWNI merupakan salah satu sanggar belajar di Semenanjung Malaysia yang bersifat semi formal. Tim KKN yang ditempatkan di PKBM-PNF KBRI Kuala Lumpur unit PPWNI berfokus pada pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa/i PKBM-PNF KBRI Kuala Lumpur unit PPWNI. Selain itu, tim KKN juga telah melaksanakan program kerja di bidang Kesehatan dan lingkungan. Hasil dari kegiatan yang sudah dilakukan berhasil meningkatkan motivasi belajar dan meningkatkan nasionalisme siswa/i PKBM-PNF KBRI Kuala Lumpur unit PPWNI.

References

(BP2MI), B. P. (2023, September 5). bp2mi.go.id. Retrieved from Data Penempatan dan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia Periode Agustus 2023: https://bp2mi.go.id/statistik-detail/data-penempatan-dan-pelindungan-pekerja-migran-indonesia-periode-agustus-2023
Admasiania. (2021, Februari 26). PPI Dunia Kawasan Asia-Oseania. Retrieved from Kesejahteraan Pendidikan Anak-Anak TKI dan Imigran di Federasi Malaysia: https://asiania.ppi.id/kesejahteraan-pendidikan-anak-anak-tki-dan-imigran-di-federasi-malaysia/
Arunanta, L. N. (2020, Juni 16). BP2MI Temui Komnas HAM, Bahas Penanganan Pekerja Migran Indonesia Ilegal. Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia.
Laksana, S. D. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Education Technology The 21st Century. Jurnal Teknologi Pembelajaran (JTeP), 8.
Mustari, M., & Rahman, M. T. (2014). Manajemen Pendidikan. Jakarta: RajaGrafika Persada.
Subekti, N., Johan Syah, M. F., Jariono, G., Kartikasari, E. D., Pramudya, R. S., Bahri, A. S., & Kuswanty, N. H. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Program Pendampingan Pembelajaran Bagi Siswa Sanggar Belajar PPWNI Klang Malaysia. Jurnal Warta LPM, 3-4.
Wulan, T. R., Muslihudin, Wijayanti, S., & Santoso, J. (2022). Model Perlindungan Anak-Anak Pekerja Migran di Malaysia. Konferensi Nasional Sosiologi IX APSSI 2022, 2.
Published
2023-12-01
How to Cite
ROSYADA, Sheila Salsabila; HATMOKO, Dwi. KKN Internasional Malaysia Bertemakan From Archipelago to Peninsula: Bridging Communities Through Education. Darma Sabha Cendekia, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 49-63, dec. 2023. ISSN 2721-1851. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/dsc/article/view/9874>. Date accessed: 14 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.32424/dsc.v5i2.9874.