KMFEB Foundation 2023: FUTURE (Fun Education for the Younger Generation)

  • Nu'man Mumtaz
  • Istiqomah Istiqomah Universitas Jenderal Soedirman
  • Maya Amalia Kurniati
  • Cindy Aulia Zahrani Arifin
  • Nabila Amanda Putri
  • Wildan Khoeruddin Arrahman

Abstract

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman telah menetapkan komitmen melalui Keluarga Mahasiswa FEB (KMFEB) Foundation untuk menjalankan program pengabdian Masyarakat di bidang pendidikan setiap tahun. Pada tahun ini, KMFEB Foundation dengan tema FUTURE mengadakan lima serangkaian kegiatan yang dilaksanakan bekerjasama dengan beberapa mitra, seperti SDN 01 Karanganyar dan FOSEI FEB Unsoed meliputi pengajaran, lomba menyanyi dan berpuisi, outbound, talkshow, dan donasi buku. Rangkaian kegiatan ini memberikan manfaat beragam, seperti pengembangan keterampilan komunikasi, pemahaman yang lebih mendalam terhadap materi pelajaran, dan peningkatan empati dan kemandirian bagi mahasiswa. Manfaat bagi mitra lebih banyak lagi, seperti Fosei, donasi buku menambah koleksi buku di perpustakaan. Bagi sekolah, siswa-siswa menjadi lebih termotivasi belajar dan terinspirasi untuk melanjutkan pendidikan sampai ke perguruan tinggi. Peserta lomba dapat menggali dan menyalurkan potensi minat dan bakat mereka, sementara peserta talkshow mendapatkan motivasi dan inspirasi untuk mendukung prestasi anak-anak mereka baik dalam hal akademik maupun non-akademik.

References

Astuti, W., & Habibah, U. (2015). Peningkatan kemampuan kosakata Bahasa Inggris anak melalui metode pembelajaran interaktif di kelompok A TK Pertiwi I Jirapan 2014/2015.
Caesarani, S., Safira, S. M., Mardiyansah, E., Rizki, M., & Ruslan, A. (2022). Pendampingan dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Joyfull Learning Method di SD Negeri Siring. Jubaedah: Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 2(2), 152-157.
Jazuly, A. (2016). Peran bahasa inggris pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 6(01), 33-40.
Pujasari, R. S. (2019). HOW DO I WRITE POETRY? INVESTIGATING STUDENTS’CREATIVITY IN WRITING POETRY. Jurnal Basis, 6(1), 25-32.
Rahmawati, N. K., Maruf, A. H., Ahmad, A., & Nurimani, N. (2022). Pendampingan pembelajaran dan pemberian motivasi dalam meningkatkan minat belajar bagi anak-anak di PKBM. Journal of Social Outreach, 1(1), 43-52.
Ridwan, R., & Awaluddin, A. F. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Raodhatul Athfal. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 56-67.
Widad, H. M. Z. W., Jumiati, I. E., Rosyada, D. R. A., Septiani, M., Fahrezi, R., Gulantir, R. S., . . . Sajidah, A. (2022). Bimbingan belajar dalam meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar di Desa Batukuwung. Bantenese: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 20-34.
Published
2024-12-26
How to Cite
MUMTAZ, Nu'man et al. KMFEB Foundation 2023: FUTURE (Fun Education for the Younger Generation). Darma Sabha Cendekia, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 82-95, dec. 2024. ISSN 2721-1851. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/dsc/article/view/12696>. Date accessed: 24 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.32424/dsc.v6i2.12696.