Penggunaan Website Trademap untuk Mengidentifikasi Potensi Ekspor bagi UMKM

  • Muhammad Farid Alfarisy Universitas Jenderal Soedirman
  • Arif Andri Wibowo Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

The main challenge for business actors is the international market's lack of reliable trade information. Therefore, a data source is needed to provide an overview of the real conditions of world trade. Trademap is a web developed by the International Trade Centre UNCTAD/WTO (ITC) to help business actors facilitate market research. This service aims to introduce the Trademap website to MSME business actors.

References

Darfaz MI, Kurniansyah D, Febriantin K. 2023. Tantangan UMKM Indonesia Dalam Menghadapi Pasar Bebas Asean. J. Ilmu Sos. dan Pendidik. 7(2):2598–9944
Kusumah SFN, Junia AA. 2023. Analisis Potensi Ekspor Komoditas Unggulan Indonesia Ke Singapura. Innov. J. Soc. Sci. Res. 3(4):2914–22
Phung CK, Wikartika Ira. 2024. Pemanfaatan Pemasaran Digital: Meningkatkan Potensi Ekspor Briket Arang Tempurung Kelapa dalam Bisnis Internasional. El-Mujtama J. Pengabdi. Masyarakat . 4(2):599–612
Rahmadhani KD, Putri JAM, Ihsan MN, Hapsari NP, Widiawati P. 2023. Peran dan Kedudukan UMKM dalam Perdagangan Internasional. J. Manaj. dan Ekon. Bisnis. 3(1):108–20
Zakariya HM, Nirawati L. 2024. Strategi Optimalisasi Perdagangan Ekspor Kopi Di Indonesia Melalui Situs Trademap. J. Anggar. J. Publ. Ekon. dan Akunt. 2(1):173–81
Published
2024-07-10
How to Cite
ALFARISY, Muhammad Farid; WIBOWO, Arif Andri. Penggunaan Website Trademap untuk Mengidentifikasi Potensi Ekspor bagi UMKM. Darma Sabha Cendekia, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 37-47, july 2024. ISSN 2721-1851. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/dsc/article/view/12510>. Date accessed: 13 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.32424/dsc.v6i1.12510.