Penerapan Coaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Beradaptasi Mahasiswa Freshman Year

  • Cut Misni Mulasiwi
  • Ramita Kholifaturrohmah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman
  • Meutia Karunia Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman
  • Ajeng Dian Purnamasari Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Mahasiswa freshman year mengalami masa peralihan dari sekolah ke dunia kampus, sehingga harus menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial yang baru. Mahasiswa di tahun pertama yang mampu menyesuaikan diri dengan baik akan memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk meraih performa akademik yang lebih baik. Coaching merupakan metode yang efektif untuk mengembangkan diri dan organisasi. Dalam bidang pendidikan, coaching akan memberikan dampak positif bagi proses pembelajaran. Tujuan dari kegiatan pengabdian adalah untuk meningkatkan kemampuan adaptasi mahasiswa freshman year. Pengabdi melakukan pengabdian masyarakat melalui kegiatan coaching dengan metode IGROW, yang terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) Pemusatan perhatian (Intention); (2) Penentuan tujuan (Goal); (3) Pemaparan kondisi atau realita (Reality); (4) Penyeleksian alternatif pilihan (Option); dan (5) Pengungkapan keinginan (Will). Sasaran kegiatan pengabdian ini adalah mahasiswa freshman year jurusan manajemen angkatan 2023 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan adaptasi mahasiswa freshman year jurusan manajemen, yang timbul dari adanya keinginan-keinginan untuk melakukan perbaikan atas kondisi yang terjadi. Hal ini dituangkan dalam tahapan Will.

References

Arsendatama AF. 2018. Professional Coach Certification Program, Vol. 04. Jakarta: Kognisio
Arsendatama AF. 2019. Coaching Capability: How to Develop People & Performance Effectively. Coaching Indonesia
Astrini A. 2021. Masa Orientasi dan Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru. Humaniora. 2(1):452
Faizah F, Marmer FV, Aulia NN, Rahma U, Dara YP. 2020. Self-Esteem Dan Resiliensi Sebagai Prediktor Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru Di Indonesia. Pers. J. Psikol. Indones. 9(2):335–52
Glover TA, Reddy LA, Crouse K. 2023. Instructional Coaching Actions That Predict Teacher Classroom Practices And Student Achievement. J. Sch. Psychol. 96:1–11
Hasanah U. 2017. Hubungan Antara Stres Dengan Strategi Koping Mahasiswa Tahun Pertama Akademi Keperawatan. J. Wacana Kesehat. 2(1):16
Hernandez M, Renierose R. 2017. Freshmen Students’ Self-Esteem and Adjustment to College in Higher Education Institutions in Calapan City, Philippines. Asia Pacific J. Multidiscip. Res. 5(3):49–56
Kartika FLD. 2022. Pentingnya Membangun Budaya Coaching dalam meningkatkan Proses pembelajaran di Bidang Pendidikan. Pendidik. Tinggi Berdaya Saing untuk Peningkatan Mutu XX. 235–40
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Panduan Coaching , Mentoring , Dan Belajar Mandiri. . 1–13
Mardiyatun. 2021. Implementasi Coaching Individual Untuk Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas. Strateg. J. Inov. Strateg. dan Model Pembelajaran. 1(1):46–54
Medina MGS. 2018. The Self-esteem, Social Support and College Adjustment of Business and Accountancy Students. Rev. Integr. Bus. Econ. Res. 7(2):167–75
Munthe RG. 2015. Menerapkan Coaching Sebagai Gaya Kepemimpinan Masa Kini. J. Manaj. 14(2):271–80
Novitasari D, Asbari M. 2021. Leaders Coaching di Sekolah: Apa Perannya terhadap Kinerja Guru? Edumaspul J. Pendidik. 5(1):580–97
Pasaribu N. 2021a. Penulisan ini bertujuan untuk. J. penddikan Indones. 2(11):1928–39
Pasaribu NH. 2021b. Penerapan Coaching Dalam Program Perkembangan Peserta Didik. J. Pendidik. Indones. 2(10):1928–39
Rahayu MNM, Arianti R. 2020. Penyesuaian Mahasiswa Tahun Pertama Di Perguruan Tinggi: Studi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Uksw. J. Psychol. Sci. Prof. 4(2):73
Rahmadani A, Mukti YR. 2020. Adaptasi Akademik, Sosial, Personal, Dan Institusional : Studi College Adjustment Terhadap Mahasiswa Tingkat Pertama. J. Konseling dan Pendidik. 8(3):159
Rinaldi A, Bagusworo D, Monica N, Ramadhani V. 2016. Pelatihan Kepada Mahasiswa Baru Pada Masa Transisi Dari SMA Ke Universitas. Hello Acad. (December):
Sitanggang AY, Amin M, Sukartini T. 2017. Health Coaching Berbasis Health Promotion Model Terhadap Peningkatan Efikasi Diri dan Perilaku Pencegahan Penularan Pada Pasien TB Paru. J. Penelit. Kesehat. Suara Forikes. VIII:172–79
Ulfah M. 2020. Penerapan Coaching oleh Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Mengajar Guru. ASNA J. Kependidikan Islam dan Keagamaan. 2(2):1–11
Ulfah M, Noviansah A. 2020. Supervisi Coaching: Peningkatan Kinerja Mengajar Guru. Al-Azkiya J. Pendidik. MI/SD. 2(2):119–28
Watson JC, Lenz AS. 2018. Development and Evaluation of the Inventory of New College Student Adjustment. J. Coll. Student Retent. Res. Theory Pract. 22(7):
Winarsih S. 2022. Kebijakan Dan Implementasi Manajemen Pendidikan Tinggi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. J. Ilm. Mandala Educ. 8(3):
Wurinanda I. 2015. Perbedaan SMA dan Kuliah. okezone.com. https://edukasi.okezone.com/read/2015/04/21/65/1137671/perbedaan-sma-dan-kuliah
Zulfikar F. 2021. 87 Persen Mahasiswa RI Merasa Salah Jurusan, Apa Sebabnya? https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5828770/87-persen-mahasiswa-ri-merasa-salah-jurusan-apa-sebabnya
Published
2024-06-29
How to Cite
MULASIWI, Cut Misni et al. Penerapan Coaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Beradaptasi Mahasiswa Freshman Year. Darma Sabha Cendekia, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 12-24, june 2024. ISSN 2721-1851. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/dsc/article/view/11248>. Date accessed: 13 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.32424/dsc.v6i1.11248.