Pendampingan dalam Pembentukan Embrio KIR pada Siswa SMAN 1 Rawalo

Mentoring in the Formation of KIR Embryos in Students of SMAN 1 Rawalo

  • Elly Tuti Winarni Fakultas Biologi, Universitas Jenderal Soedirman
  • Atang Atang Fakultas Biologi, Universitas Jenderal Soedirman
  • Ani Widyastuti Fakultas Biologi, Universitas Jenderal Soedirman
  • Siti Rukayah Fakultas Biologi, Universitas Jenderal Soedirman
  • Farida Nur Rachmawati Fakultas Biologi, Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Kelompok Karya Ilmiah Remaja (KIR) dapat ditumbuhkembangkan di lingkungan sekolah, untuk mewadahi potensi dan minat siswa di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, keberadaan KIR juga dapat meningkatkan prestasi sekolah dan kualitas siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pilihan. Beberapa prestasi telah di raih oleh siswa SMAN 1 Rawalo, namun di luar bidang karya ilmiah, karena wadah untuk KIR belum tersedia. Atas dasar kondisi tersebut maka, pihak sekolah SMAN 1 Rawalo, menghendaki dilakukan pendampingan untuk membentuk embrio kelompok KIR. Kegiatan ini dilakukan dengan metode partisipatif dengan tujuan untuk menemukenali potensi dan minat siswa dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi,  agar dapat mewadahinya dengan benar. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa minat dan potensi siswa dapat dikelompokkan ke dalam tiga bidang, yaitu sains, sosial dan teknologi. Siswa juga memiliki ketertarikan untuk mengikuti lomba-lomba sains dan lomba karya ilmiah, kegiatan pendampingan masih berlanjut serta embrio KIR yang dirintis mengalami perkembangan yang baik.


Kata kunci: pendampingan, pembentukan kelompok KIR, SMAN 1 Rawalo

References

Asmara, R. and Kusumaningrum, W.R., 2020. Pendampingan penulisan karya ilmiah remaja berstandar LKIR LIPI bagi guru dan siswa SMA islam terpadu Ihsanul Fikri kabupaten Magelang. Widya Laksana, 9(1), pp. 98-110.
Dewi, P.H.N., Sriasih, S.A.P. and Sudiana, I.N., 2018. Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja Terhadap Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Sawan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(2).
Kurniawati, D., SM, V. A., &Ariyani, V. 2018. Pelatihan Karya Ilmiah Remaja bagi Siswa-Siswi SMAN 6 dan MAN 2 Kota Madiun. Warta Abdimas, 1(1), pp. 45–53
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014
Susilowarno RG. 2003. “Kelompok Ilmiah Remaja” (Petunjuk Membimbing dan Meneliti Bagi Remaja). Jakarta: Grasindo
Tiffani, Martin Kustati, Rezki Amelia, Mardianto, & Nurhasnah. 2024. Pembinaan Kreatifitas Siswa melalui Kegiatan Ekstra Kurikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) di MAN 2 Kuantan Singingi . Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(4), pp. 432–443. https://doi.org/10.31004/jerkin.v2i4.
Published
2025-08-13
How to Cite
WINARNI, Elly Tuti et al. Pendampingan dalam Pembentukan Embrio KIR pada Siswa SMAN 1 Rawalo. Dharma Abdimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 113-119, aug. 2025. ISSN 3089-0683. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/da/article/view/17035>. Date accessed: 26 aug. 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.da.2025.2.2.17035.