Optimalisasi Program Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Mengembangkan Potensi dan Minat Siswa SMA MBS Zam-Zam Cilongok dalam Bidang Karya Ilmiah
Optimization of Extracurricular Activity Programs to Develop the Potential and Interests of SMA MBS Zam-Zam Cilongok Students in the Field of Scientific Work
Abstract
Keterampilan yang perlu dikuasai pada abad 21 antara lain berpikir kritis, kreatif, kolaborasi, dan komunikasi. Kemampuan tersebut hendaknya dapat dikuasai oleh siswa SMA agar kedepannya menjadi terbiasa. Kelompok Karya Ilmiah Remaja (KIR) merupakan salah satu bagian penting dari pendidikan yang membantu siswa mengembangkan keterampilan dan keahlian inti pengetahuan ilmiah serta teknologi. Akan tetapi, kegiatan pada kelompok KIR di SMA Muhammadiyah Boarding School Zam-Zam Cilongok, belum berjalan secara optimal, sehingga perlu dilakukan pelatihan, baik untuk guru pendamping maupun siswanya. Kegiatan knowledge transfer ini dilakukan dengan metode partisipatif dan learning by doing, untuk melatih para guru agar memiliki wawasan dan keterampilan sebagai pendamping KIR, serta melatih siswa untuk melakukan mini-riset secara terbimbing. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa pelatihan untuk para guru telah mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya dalam menggali topik untuk menyusun karya ilmiah, baik untuk karya mandiri guru maupun dalam mendampingi siswanya.