Pelatihan Pembuatan Konten Marketing di BUMDES Mitra Usaha Sejahtera Desa Cikakak

Marketing Content Creation Training at BUMDES Mitra Usaha Sejahtera Cikakak Village

  • Viviana Mayasari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman
  • Muhammad Taufiq Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman
  • Sofiatul Khotimah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh BUMDes Mitra Usaha Sejahtera adalah keterbatasan ketrampilan pembuatan konten untuk promosi, sehingga mitra belum maksimal memanfaatkan digital marketing untuk membantu promosi usaha yang ada di BUMDes. Tujuan di adakannya kegiatan pelatihan ini bagi pengelola BUMDes adalah untuk membantu pengelola BUMDes Mitra Usaha Sejahtera supaya bisa membuat konten marketing yang berguna untuk mempromosikan unit usaha BUMDes khususnya unit usaha yang berkaitan dengan wisata. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan pengelola BUMDes mampu memaksimalkan digital marketing untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Pendekatan yang dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan mitra yaitu dengan metode pelatihan dan pendampingan. Pelatihan yang diberikan dengan memberikan materi mengenai konten marketing dan pendampingan yang dilakukan dengan tahapan yaitu perencanaan, pembuatan dan evaluasi konten marketing. Hasil dari program pelatihan dan pendampingan ini adalah progres kemajuan kemampuan pengelola BUMDes dalam membuat konten marketing. Tingkat keberhasilan dalam program ini dengan membandingkan kondisi awal sebelum dilakukan program dan kondisi akhir setelah dilakukan program pelatihan pembuatan konten marketing di BUMDes Mitra Usaha Sejahtera Desa Cikakak.

Published
2025-01-28
How to Cite
MAYASARI, Viviana; TAUFIQ, Muhammad; KHOTIMAH, Sofiatul. Pelatihan Pembuatan Konten Marketing di BUMDES Mitra Usaha Sejahtera Desa Cikakak. Dharma Abdimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 55-62, jan. 2025. ISSN 3089-0683. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/da/article/view/14620>. Date accessed: 28 apr. 2025.