PROBLEMATIKA PSIKOLOGIS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL- QUR’AN DI SMP NEGERI SE KECAMATAN SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam membaca Al Qur’an,
problem psikologis peserta didik yang mengalami kesulitan membaca Al Qur’an, dan upaya
pendidik dalam mengahadapi problem psikologis tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa SMPN di Kecamatan
Sleman yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran membaca Al Quran. Data dikumpulkan
melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data mengikuti model Miles dan
Huberman dibagi dalam tiga tahap, yakni reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa, kemampuan peserta didik dalam membaca Al-Quran termasuk
rendah. Problem psikologis yang dihadapi peserta didik saat pembelajaran membaca Al Quran
yaitu: merasa cemas, merasa malas, bosan, merasa tertekan, tidak percaya diri, dan berusaha
menghindar ketika disuruh membaca Al Quran. Ketiga, upaya guru dalam menghadapi problem
psikologis tersebut berbeda-beda, ada yang membiarkan karena dipandang sebagai sesuatu yang
wajar, mengkondisikan peserta didik merasa tenang, memotivasi siswa, mengajak siswa untuk
sabar, memberikan bimbingan dan bantuan serta mengapresiasi proses belajar yang telah dijalani
peserta didik. Upaya guru dalam menghadapi peserta didik yang menghindari tugas membaca Al
Quran adalah dengan tetap meminta peserta didik bersangkutan untuk membaca.
