PEMERIKSAAN DAN KONSULTASI KESEHATAN PADA LANSIA DI POSYANDU LANSIA MASJID AS SAKIINAH GRENDENG PURWOKERTO UTARA

  • Afifah Afifah Fakultas Kedokteran, Universitas Jenderal Soedirman
  • Rani Afifah Nur Hestiyani Fakultas Kedokteran, Universitas Jenderal Soedirman
  • Hajid Rahmadianto Mardihusodo Fakultas Kedokteran, Universitas Jenderal Soedirman
  • Viva Ratih Bening Ati Fakultas Kedokteran, Universitas Jenderal Soedirman
  • Sindhu Wisesa Fakultas Kedokteran, Universitas Jenderal Soedirman
  • Nafiisah Nafiisah Fakultas Kedokteran, Universitas Jenderal Soedirman
  • Siti Munfiah Fakultas Kedokteran, Universitas Jenderal Soedirman
  • Synta Haqqul Fadhilah Fakultas Kedokteran, Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Peningkatan jumlah lansia dari tahun ke tahun harus diikuti dengan upaya peningkatan kualitas hidup lansia yang produktif. Lansia untuk dapat produktif memerlukan kondisi kesehatan yang baik, oleh karena itu perlu dilakukan upaya pemeriksaan dan konsultasi kesehatan lansia. Posyandu lansia merupakan pos pelayanan kesehatan terpadu yang penting untuk menyelenggarakan kegiatan termasuk pemeriksaan dan konsultasi kesehatan bagi lansia. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan dan informasi yang tepat untuk penanganan kesehatan di usia lanjut. Kegiatan dilakukan kepada anggota posyandu lansia di Posyandu Lansia Masjid As-Sakiinah Grendeng Purwokerto Utara. Metode pelaksanaan yang dilakukan meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap persiapan meliputi koordinasi baik internal maupun dengan mitra. Tahap pelaksanaan meliputi pemeriksaan kesehatan meliputi pengukuran berat badan, tinggi badan, tekanan darah, dan kadar kolesterol, serta konsultasi kesehatan. Para peserta antusias mengikuti kegiatan dan tertib mengikuti alur yang ditentukan. Dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat memonitor kesehatan lansia serta mencegah penyakit degeratif pada lansia.


 

References

Akbar, F. Idawati, AH. Ayuni, MM. 2020. Gambaran Nutrisi Lansia di Desa Banua Baru. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada Vol 9 No 1. Halaman 1-7.
Fadhilah, N. Nining, L. Sri, WB. Yusuf, AR. 2021. Penyakit Kardiovaskular dan Obesitas Memengaruhi Kualitas Hidup Peserta Posyandu Lansia di Kecamatan Gatak. Proceeding Book National Symposium and Workshop Continuing Medical Education XIV UMS.
Fenty. Putu, DC. Ipang, D. Agata, DAP. Nikita, R. Mauren, E. 2023. Sosialisasi Dampak Obesitas Sentral dan Hipertensi Pada Kelompok Posyandu Lansia Danurejan, Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia Vol 3 No 1. Halaman 1-6. Doi: https://doi.org/10.52436/1.jpmi.913
Putri, RS. 2021. Partisipasi Masyarakat dalam Program Kampung KN di Masa Pandemi (Studi Kasus Desa Sumberkarang Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto). Hasanuddin Journal of Sociology Vol 3 (1). Halaman 59-75.
Rismayanthi, C. Prijo, S. Novita, IA. Krisnanda, DA. 2019. Penyuluhan Aktivitas Fisik dan Screening Parameter Sindro Metabolik Pada Populasi Lansia. MEDIKORA Vol 18 No 1. Halaman 33-39. Doi: 10.21831/medikora.v18i1.29194
Published
2024-02-06
How to Cite
AFIFAH, Afifah et al. PEMERIKSAAN DAN KONSULTASI KESEHATAN PADA LANSIA DI POSYANDU LANSIA MASJID AS SAKIINAH GRENDENG PURWOKERTO UTARA. Prosiding Seminar Nasonal LPPM UNSOED, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 733-737, feb. 2024. ISSN 2985-9042. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/10664>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.semnaslppm.2024.13.1.10664.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.