PEMBERDAYAAN STAF DAN KADER YAYASAN CERDAS BERSINERGI DALAM UPAYA PENINGKATAN PERSONAL HIGIENE PENJAMAH MAKANAN PELAKU USAHA KULINER CILACAP

  • Fajar Wahyu Pribadi Fakultas Kedokteran, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Gita Nawangtantrini Fakultas Kedokteran, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Catharina Widiartini Fakultas Kedokteran, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Hidayat Sulistyo Fakultas Kedokteran, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia

Abstract

Pemeliharaan kebersihan penjamah makanan pada usaha kuliner di Cilacap menjadi faktor penting bagi para pelaku usaha kuliner dalam menjalankan usahanya. Penjamah makanan yang tidak memperhatikan personal higiene, dapat menularkan berbagai macam penyakit. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara didapatkan bahwa masih banyak dari penjamah makanan pelaku usaha kuliner yang tidak pernah mendapatkan pengetahuan khusus mengenai personal higiene, tidak pernah berusaha untuk membaca buku tentang persyaratan tenaga pengolahan makanan, serta tidak pernah mendapatkan pelatihan yang berhubungan dengan personal higiene dan menjaga kesehatan dirinya. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan mengenai pentingnya menjaga personal higiene para pelaku usaha kuliner di Cilacap melalui staf dan kader Yayasan Cerdas Bersinergi. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi dan pemutaran video. Dari hasil kuesioner sebelum kegiatan diketahui bahwa 47% peserta sangat kurang, 31% peserta kurang, 22% peserta cukup dan 0% peserta yang sudah betul-betul memahami personal hygiene pada tahap persiapan, pengolahan, penyajian dan pengantaran. Setelah kegiatan diketahui bahwa 19% peserta cukup dan 81% peserta yang sudah betul-betul memahami personal hygiene pada tahap persiapan, pengolahan, penyajian dan pengantaran. Sehingga dengan adanya kegiatan ini peserta mendapatkan peningkatan pengetahuan personal hygiene. Dan dengan diberikan leaflet, peserta dapat mengingat kembali materi dan mampu menyebarkan materi ke para pelaku usaha kuliner.

References

BPS Kabupaten Cilacap. 2021. Kabupaten Cilacap Dalam Angka 2021. Cilacap: BPS Kabupaten Cilacap.

Ramli, R. 2018. Analisis Pengetahuan Penjamah Makanan Terkait Higiene Sanitasi Makanan di “Warung Pojok” Umi. Journal of Islamic Nursing. Vol.3 No.1. 20-25.

Fattah, N., Mallongi, A., Parasitologi, B., Kedokteran, F., Muslim, U.,Pascasarjana, D., Musllim, U., Diri, K., & Lingkungan, S. 2018. HUBUNGAN PERSONAL HYGIENE DAN SANITASI LINGKUNGANTABARINGAN MAKASSAR. UMI Medical Journal (UMJ), 3(1), 36–46. https://jurnal.fk.umi.ac.id/index.php/umimedicaljournal/article/view/33
Yulianto, A., & Nurcholis. 2015. Penerapan Standard Hygienes Dan Sanitasi Dalam Meningkatkan Kualitas Makanan di Food & Beverage Departement @Hom Platinum Hotel Yogyakarta. Jurnal Khasanah Ilmu, 6(2), 31–39. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khasanah/article/view/484.
WHO. 2005. Penyakit Bawaan Makanan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.
Published
2024-01-30
How to Cite
PRIBADI, Fajar Wahyu et al. PEMBERDAYAAN STAF DAN KADER YAYASAN CERDAS BERSINERGI DALAM UPAYA PENINGKATAN PERSONAL HIGIENE PENJAMAH MAKANAN PELAKU USAHA KULINER CILACAP. Prosiding Seminar Nasonal LPPM UNSOED, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 435-442, jan. 2024. ISSN 2985-9042. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/10402>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.semnaslppm.2024.13.1.10402.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.