EDUKASI PENCEGAHAN STROKE DAN FAKTOR RISIKONYA BAGI ANGGOTA PERKUMPULAN INSAN PURNAKARYAWAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN (IPPK) KELOMPOK TENGAH BARAT KECAMATAN SOKARAJA

  • Ika Murti Harini Fakultas Kedokteran, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Ghea De Silva Fakultas Kedokteran, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Wisnu Budi Pramono Fakultas Kedokteran, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Nur Signa Aini Gumilas Fakultas Kedokteran, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Viva Ratih Bening Ati Fakultas Kedokteran, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Prasetyo Tri Kuncoro Fakultas Kedokteran, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Fatiha Sri Utami Tamad Fakultas Kedokteran, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Nafiisah Nafiisah Fakultas Kedokteran, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia

Abstract

Perkumpulan Insan Purnakaryawan Pendidikan dan Kebudayaan (IPPK) merupakan suatu perkumpulan yang beranggotakan guru atau karyawan di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang telah purna tugas atau pensiun yang terdapat di setiap kecamatan, termasuk Kecamatan Sokaraja. Usia anggota perkumpulan ini rata-rata di atas 60 tahun dan termasuk dalam kelompok usia lanjut. Lanjut usia (lansia) merupakan suatu tahap akhir dalam rentang kehidupan manusia. Kondisi fisik bagi individu yang berusia lanjut berbeda dengan orang dewasa. Kelompok lanjut usia sangat beresiko mengalami permasalahan kesehatan seperti stroke dan faktor risikonya. WHO melaporkan sekitar 70% kasus stroke terjadi di negara berpenghasilan rendah dan menengah seperti Indonesia serta 87% kasus stroke menyebabkan kematian dan kecacatan. Dalam pencegahan pasien stroke, identifikasi faktor-faktor risiko sangat penting. Pencegahan stroke pada pasien dilakukan dengan cara mengoptimalkan pengendalian faktor risiko, terutama faktor risiko yang dapat dimodifikasi seperti diabetes melitus dan hipertensi. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan suatu program untuk memberikan solusi pada permasalahan kesehatan yang terjadi pada kelompok lanjut usia, khsususnya yang terkait dengan pencegahan stroke bagi anggota IPPK Kelompok Tengah Barat Kecamatan Sokaraja. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi pencegahan stroke dan faktor risikonya bagi anggota Perkumpulan Insan Purnakaryawan Pendidikan dan Kebudayaan (IPPK) Kelompok Tengah Barat Kecamatan Sokaraja. Rerata nilai pretest yang didapatkan oleh peserta kegiatan sebesar 65,1 dan rerata nilai postest yang didapat sebesar 76,3. Berdasarkan hasil ini diketahui terdapat peningkatan nilai postest dibandingkan dengan nilai pretest. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini, anggota IPPK Kelompok Tengah Barat Kecamatan Sokaraja mendapatkan manfaat berupa tambahan pengetahuan tentang pencegahan stroke dan faktor risikonya.


Kata kunci : pencegahan, stroke, faktor risiko

References

Alvionita N.A. Letelay, Laura B.S. Huwae, Nathalie E. Kailola. 2019. Hubungan antara Diabetes Mellitus tipe II dengan Kejadian Stroke pada Pasien Stroke di Poliklinik Saraf RSUD dr. M. Haulussy Ambon tahun 2016. Molucca Medica. Volume 12. Nomor 1.

Grotta, J.C, Albers, G.W., Broderick, J.P., Kasner, S.E., Lo, E.H., Mendelow, A.D., et al. 2016. Stroke: Pathophysiology, Diagnosis, and Management Chapter 22. China: Elsevier Inc.

Kementerian Kesehatan RI. 2019. Keputusan Menteri Kesehatan No HK.01.07/Menkes/394/2019 Tentang Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran Tata Laksana Stroke.

Ristonilassius, Murtiningsih, Inayah I. 2022. Hubungan Tekanan Darah dengan Kejadian Stroke di Unit Gawat Darurat. Jurnal Keperawatan Aisyiyah. 9(1): 47-54.

Sofiana L, Rahmawati DD. 2019. Hypertension and Diabetes Mellitus Increase the Risk of Stroke. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 15 (2) 147-152.

World Health Organization. 2019. World Stroke Day 2019. Available at : https://www.who.int/southeastasia/news/speeches/detail/world-stroke-day-2019. Diakses 2 Desember 2022.
Published
2024-01-19
How to Cite
HARINI, Ika Murti et al. EDUKASI PENCEGAHAN STROKE DAN FAKTOR RISIKONYA BAGI ANGGOTA PERKUMPULAN INSAN PURNAKARYAWAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN (IPPK) KELOMPOK TENGAH BARAT KECAMATAN SOKARAJA. Prosiding Seminar Nasonal LPPM UNSOED, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 242-251, jan. 2024. ISSN 2985-9042. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/10396>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.semnaslppm.2024.13.1.10396.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.