PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK-ANAK MELALUI PERMAINAN EDUKATIF DARI AMPAS TAHU DI KELURAHAN KALIKABONG KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGA

  • Tien Setyaningsih Fakultas MIPA, Universitas Jenderal Soedirman
  • Zusfahair Zusfahair Fakultas MIPA, Universitas Jenderal Soedirman
  • Ely Setiawan Fakultas MIPA, Universitas Jenderal Soedirman
  • Dian Riana Ningsih Fakultas MIPA, Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Kelurahan Kalikabong Purbalingga merupakan daerah padat penduduk dengan mata pencaharian pengrajin tahu. Proses pengolahan tahu menghasilkan limbah cair dan ampas tahu.  Produk tahu memiliki umur simpan yang singkat, sedangkan ampas tahu jika tidak dikeringkan hanya bertahan 1 malam. Jika dibiarkan menumpuk ampas tahu dapat menimbulkan bau busuk dan dapat mencemari lingkungan. Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan tersebut pengusul akan melakukan penyuluhan dan pelatihan pemanfaatan ampas tahu menjadi mainan edukatif yaitu plastisin dan pasir kinetik. Bermain plastisin dan pasir kinetik bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak dan dapat meningkatkan kemampuan motorik. Anak-anak dengan usia 3-5 tahun merupakan usia emas anak untuk mendapatkan pendidikan terbaik. Salah satu cara untuk menumbuhkan motivasi, minat dan kreatifitas anak dengan melakukan pembelajaran edukatif menggunakan permainan yang murah dan aman digunakan yaitu plastisin dan pasir kinetik. Oleh karena itu pada kesempatan ini pengabdi akan memberikan penyuluhan dan pelatihan pembuatan plastisin dan pasir kinetik dengan bahan dasar tepung ampas tahu kepada para guru dan siswa BA Aisyiyah Kalikabong. Kegiatan ini dapat meningkatkan daya imajinasi anak, mengasah kemampuan analisisnya, melatih problem solving sejak dini, menumbuhkan minat dan kreativitas para siswa, peningkatan pengetahuan dan ketrampilan guru.

References

Marheni, A. K. I. (2017). Art Therapy Bagi Anak Slow Learner. Prosiding Temu Ilmiah Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 154–162.
Wulandari, F. (2018). Pengaruh Bermain Kinetic Sand Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6Tahun. Jurnal Anak Usia Dini, 3(2), 18–23. Diambil Dari Journal.Um-Surabaya. Ac. Id › Index.Php › Pedagogi
Khamaliyah, A., Fatimah, A., & Kusumawardani, R. (2019). Pengaruh Bermain Pasir Kinetik Terhadap Kreativitas Anak, 6, 21–28.
Nuryulianti, D., & Ernawati. (2019). Penerapan Permainan Pasir Kinetik Untuk Mengatasi Permasalahan Ketergantungan Gadget Pada Keluarga Dengan Anak Usia Pra
Yuwono S.S., Zulfiah A.A. 2015. Formulasi Beras Analog Berbasis Tepung Mocaf Dan Maizena Dengan Penambahan Cmc Dan Tepung Ampas Tahu. Jurnal Pangan dan Agroindustri, Vol. 3 No 4
Published
2024-01-30
How to Cite
SETYANINGSIH, Tien et al. PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK-ANAK MELALUI PERMAINAN EDUKATIF DARI AMPAS TAHU DI KELURAHAN KALIKABONG KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGA. Prosiding Seminar Nasonal LPPM UNSOED, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 419-429, jan. 2024. ISSN 2985-9042. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/10340>. Date accessed: 30 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.semnaslppm.2024.13.1.10340.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.