Pengaruh Manajemen Kelas, Kesiapan Belajar dan Pemanfaatan Internet Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 4 Purwokerto

  • Siti Mutmainah student
  • Bambang Sunarko Universitas Jenderal Soedirman
  • Eling Purwanto Jati Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deksriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen kelas, kesiapan belajar dan pemanfaatan internet terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 4 Purwokerto. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 4 Purwokerto sebanyak 141 siswa. Teknik pengambilan sampling yaitu simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 105 responden.


Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Penelitian ini menghasilkan suatu kesimpulan: 1) Manajemen kelas berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 4 Purwokerto; 2) Kesiapan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 4 Purwokerto; 3) Pemanfaatan internet berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 4 Purwokerto; 4) Manajemen kelas, kesiapan belajar dan pemanfaatan internet secara simultan berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 4 Purwokerto.


 


Kata kunci : manajemen kelas, kesiapan belajar, pemanfaatan internet, prestasi belajar

Published
2020-04-01
How to Cite
MUTMAINAH, Siti; SUNARKO, Bambang; JATI, Eling Purwanto. Pengaruh Manajemen Kelas, Kesiapan Belajar dan Pemanfaatan Internet Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 4 Purwokerto. Soedirman Economics Education Journal, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-20, apr. 2020. ISSN 2686-6277. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/seej/article/view/2424>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.32424/seej.v2i1.2424.
Section
Articles