Analisis Kausalitas Gerakan Literasi, Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Pembelajaran

  • Arini Zubaedah Student
  • Najmudin Najmudin Universitas Jenderal Soedirman
  • Retno Widuri Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Penelitian ini bertujuan menginvestigasi dampak gerakan literasi sekolah, pemanfaatan koleksi perpustakaan sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil pembelajaran siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMAN 1 Baturraden sebanyak 352 siswa yang mengambil Mata Pelajaran Ekonomi. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 187 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda yang mencakup penggunaan koefisien determinasi dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gerakan literasi sekolah, pemanfaatan koleksi perpustakaan sekolah dan motivasi belajar memiliki pengaruh positif terhadap hasil pembelajaran siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pertama, semakin baik program gerakan literasi sekolah dijalankan, maka semakin baik pula hasil pembelajaran yang diperoleh siswa. Kedua, semakin baik pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh siswa, maka semakin baik pula hasil pembelajaran yang diperoleh siswa. Ketiga, semakin baik motivasi siswa dalam belajar, maka semakin baik pula hasil pembelajaran yang diperoleh siswa.

Published
2020-04-01
How to Cite
ZUBAEDAH, Arini; NAJMUDIN, Najmudin; WIDURI, Retno. Analisis Kausalitas Gerakan Literasi, Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Pembelajaran. Soedirman Economics Education Journal, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 72 - 84, apr. 2020. ISSN 2686-6277. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/seej/article/view/2355>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.32424/seej.v2i1.2355.
Section
Articles