Integrasi Problem Based Learning Dengan Model Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Di SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya

Main Article Content

Muhammad Jailani Ummi Qudsiyah

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik dan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi dengan menggunakan PBL diintegrasi dengan cooperatif learning model cooperatif script pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menerapkan pembelajaran PBL (problem based learning) dengan model cooperative script. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif-kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya sebelum mendapatkan intervensi masih belum optimal, hal tersebut dapat terlihat dari hasil belajar ekonomi yaitu hanya 18,52% yang memenuhi KKM. Sementara itu implementasi integrasi PBL dan CS mampu meningkatkan hasil evaluasi belajar dalam pembelajaran ekonomi siswa SMA. Terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar ekonomi dari pra-tindakan (18,52%), siklus I (29,63%), dan siklus II (100%).

Article Details

How to Cite
JAILANI, Muhammad; QUDSIYAH, Ummi. Integrasi Problem Based Learning Dengan Model Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Di SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya. Soedirman Economics Education Journal, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 55 - 71, apr. 2020. ISSN 2686-6277. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/seej/article/view/2255>. Date accessed: 11 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.32424/seej.v2i1.2255.
Section
Articles