Pembuatan Pembuatan Fiberglass Berbasis Epoksi Resin Dan Serat E-glass Dengan Metode Multi Layer (ML) di Desa Karangsari Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas

  • Kartika Sari Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Fiberglass merupakan  salah satu alternatif yang dapat digunakan sebagai pelindung atau atap rumah. Fiberglass berbahan dasar epoksi resin dan serat E-glass menggunakan metode Multi layer (ML). Pelaksanaan pembuatan fiberglass berbahan dasar epoksi resin dan serat E-glass dengan metode multi layer di desa Karangsari Kembaran yang bertujuan  untuk melatih dan membuka peluang usaha baru bagi  masyarakat  sasaran.  Keunggulan  fiberglass yang dihasilkan  dibandingkan  fiberglass pabrikan adalah mampu mempertahankan bentuk, dapat mengatur suhu sekitar  dan  tahan terhadap benturan  benda keras. Metode yang digunakan dalam pelatihan adalah dengan memberikan sosialisasi, menyediakan fasilitas penunjang, dan pelatihan bagi masyarakat mengenai pemanfaatan epoksi resin dan serat E-glass sebagai bahan dasar pembuatan fiberglass. Sebelum, selama dan akhir kegiatan dilakukan monitoring untuk memantau dan merespon  hasil kegiatan dalam bentuk kueisioner.  Jumlah responden yang  mengikuti kegiatan PKM sebanyak 20 orang.  Sebelum  kegiatan pelatihan sebanyak 57,14%  responden tidak mengetahui dan memahami cara pembuatan fiberglass berbasis epoksi resin dan serat E-glass. Sedangkan,  74,17% responden selama kegiatan pelatihan  dapat membuat fiberglass, dan akhir kegiatan  sebanyak 85% responden dapat menggunakan poliester sebagai filler fiberglass.  Hasil pelatihan  yang  diharapkan  responden dapat meningkatkan pemahaman dan ketrampilan tentang cara pembuatan fiberglass berbasis epoksi resin dan serat E-glass.

Published
2022-06-26
How to Cite
SARI, Kartika. Pembuatan Pembuatan Fiberglass Berbasis Epoksi Resin Dan Serat E-glass Dengan Metode Multi Layer (ML) di Desa Karangsari Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Serambi Abdimas, [S.l.], v. 3, n. 01, p. 125-130, june 2022. ISSN 2723-4738. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/sa/article/view/5945>. Date accessed: 27 nov. 2022. doi: https://doi.org/10.20884/1.sa.2022.3.01.5945.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.