Sosialisasi Mendisain dan Mengerjakan Riset Sederhana Didukung dengan Pengolahan Data Menggunakan SPSS

  • Agung Prabowo 082115636571

Abstract

Melakukan penelitian dan mempublikasikan artikel hasil dari penelitian merupakan dua hal yang berbeda. Dalam rangka menumbuhkan minat dalam meneliti, riset (penelitian) sederhana dapat dipilih untuk dipraktikan oleh periset pemula. Riset sederhana dapat dijalankan dalam bentuk pembelajaran untuk menjaring nilai pretes, nilai postes, dan data kualitatif jalannya proses pembelajaran. Model pembelajaran inovatif dapat dipraktikkan dalam riset sederhana dengan tujuan untuk mengetahui terjadi tidaknya peningkatan kemampuan siswa dalam mempelajari atau memahami materi. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah memaparkan kegiatan yang telah dilakukan pada pengabdian yang pertama kali dilakukan dari rencana sebanyak empat kali kegiatan pengabdian, melaporkan hasil praktik pengolahan data dengan SPSS, dan menyajikan nilai pretes dan postes yang berhasil dijaring oleh para guru dalam menjalankan riset sederhana. Mitra pengabdian ini adalah seluruh guru di SMA Negeri 1 Mirit, Kabupaten Kebumen yang sejumlah 30 orang. Pelaksanaan pengabdian dilakukan dalam bentuk penyuluhan/sosialisasi dan workshop, yaitu sosialisasi riset sederhana, workshop praktik pengolahan data dengan SPSS dan praktik menjaring nilai pretes dan postes dalam pembelajaran di kelas. Pengabdian ini menjadi jendela untuk meneropong keberhasilan dari keseluruhan kegiatan pengabdian. Berdasarkan observasi langsung terhadap (1) kesungguhan guru selama mengikuti pengabdian yang pertama, (2) setiap guru melakukan simulasi dan praktik pengolahan data dengan SPSS, (3) pembentukan grup WA untuk pembimbingan riset dan menulis artikel, dilanjutkan dengan (4) terobosan Kepala Sekolah yang menggelar workshop model-model pembelajaran inovatif, maka dengan tingkat keyakinan 95% pengabdian ini akan mencapai hasil yang direncanakan. Hasil dari pengabdian yang pertama ini adalah ketersediaan nilai pretes dan postes yang nantinya akan diolah dengan SPSS dalam rangka menghasilkan artikel ilmiah. Sampai dengan disusunnya artikel ini, 20 dari 29 guru atau sekitar 70% sudah mampu menjalankan riset sederhana dan menjaring nilai pretes dan postes.

Published
2022-06-26
How to Cite
PRABOWO, Agung. Sosialisasi Mendisain dan Mengerjakan Riset Sederhana Didukung dengan Pengolahan Data Menggunakan SPSS. Serambi Abdimas, [S.l.], v. 3, n. 01, p. 111-118, june 2022. ISSN 2723-4738. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/sa/article/view/5729>. Date accessed: 27 nov. 2022. doi: https://doi.org/10.20884/1.sa.2022.3.01.5729.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.