Sosialisasi dan Pembuatan Pupuk Bokashi Dari Limbah Sekam dan Jerami di Desa Sumberagung, Kabupaten Grobogan

  • Ridlo Febi Wicaksono Indonesia

Abstract

Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengamalan tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Adapun pengabdian bertujuan untuk mengoptimalkan potensi desa, memberikan informasi, sarana dan prasana untuk meningkatkan pengetahuan desa, dan meningkatkan kemampuan problem solving terhadap permasalahan yang ada di desa. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan berupa sosialisasi dan pembuatan pupuk bokashi dari limbah sekam dan jerami di Desa Sumberagung, Ngaringan, Grobogan, Jawa Tengah. Kegiatan pengabdian dilaksanakan melalui metode sosialisasi dan praktik pembuatan pupuk bokashi. Partisipasi dan antusiasme peserta dalam kegiatan tergolong cukup baik. Perangkat desa mendukung secara penuh atas terlaksananya kegiatan ini. Manfaat yang diharapkan dari kegiatan ini yaitu mampu meningkatkan pengetahuan dan pengalaman kelompok tani Desa Sumberagung dalam memanfaatkan limbah padi menjadi produk yang lebih bermanfaat seperti pupuk bokashi untuk mengurangi ketergantungan terhadap produk agrokimia.

Published
2022-06-26
How to Cite
WICAKSONO, Ridlo Febi. Sosialisasi dan Pembuatan Pupuk Bokashi Dari Limbah Sekam dan Jerami di Desa Sumberagung, Kabupaten Grobogan. Serambi Abdimas, [S.l.], v. 3, n. 01, p. 119-124, june 2022. ISSN 2723-4738. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/sa/article/view/5632>. Date accessed: 27 nov. 2022. doi: https://doi.org/10.20884/1.sa.2022.3.01.5632.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.