Sosialisasi Hasil Survei Geolistrik dan Korelasinya dengan Data Hasil Pengeboran Sumur di Desa Petir Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara

  • Muhammad Sehah Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

 Desa Petir, Kecamatan Purwanegara, Kabupaten Banjarnegara merupakan wilayah yang terletak di zona Pegunungan Serayu Selatan dengan kondisi geologi yang sangat komplek. Desa ini berada di luar cekungan air tanah, sehingga permasalahan yang sering terjadi adalah kekeringan dan krisis air. Kegiatan PKM telah dilakukan untuk membantu masyarakat Desa Petir memperoleh sumber air tanah. Kegiatan ini diawali dengan survei geolistrik, sehingga diperoleh lapisan akuifer. Lapisan akuifer di desa ini diperkirakan tersusun atas kerakal dan kerikil dengan nilai resistivitas sebesar 16,49 Wm pada kedalaman 65,18 – 86,97 m. Data kedalaman ini ditindaklanjuti dengan pengeboran sumur di sekitar Masjid At-Taqwa hingga kedalaman 100 m. Sosialisasi hasil survei geolistrik dan korelasinya dengan data hasil pengeboran sumur telah dilaksanakan bersama dengan penyerahan sumur bor dari mitra kegiatan kepada khalayak sasaran. Kegiatan PKM telah berhasil dengan baik berdasarkan hasil observasi, dengan beberapa faktor pendukung dan penghambat.

Published
2022-06-26
How to Cite
SEHAH, Muhammad. Sosialisasi Hasil Survei Geolistrik dan Korelasinya dengan Data Hasil Pengeboran Sumur di Desa Petir Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara. Serambi Abdimas, [S.l.], v. 3, n. 01, p. 105-110, june 2022. ISSN 2723-4738. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/sa/article/view/5608>. Date accessed: 27 nov. 2022. doi: https://doi.org/10.20884/1.sa.2022.3.01.5608.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.