Sosialisasi dan Pembuatan Tempat Sampah Organik dan Anorganik di Perumahan Griya Satria Indah II Sumampir

  • Farzand Abdullatif Universitas Jenderal Soedirman
  • Hartono Hartono
  • Sugi Sugito

Abstract

Sampah merupakan masalah serius yang hampir terjadi di seluruh wilayah khususnya perkotaan. Pengelolaan sampah perlu dilakukan untuk menekan jumlah sampah yang makin banyak. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang bertujuan untuk mengelola sampah rumah tangga telah dilakukan di Perumahan Griya Satria Indah II RT 3 RW 9 Sumampir Purwokerto Jawa Tengah. Kegiatan dilakukan dalam dua tahapan, yaitu sosialisasi pengelolaan sampah dan pembuatan tempat sampah dan tungku pembakar sampah. Sosialisasi dilakukan untuk mengedukasi warga agar dapat memisahkan sampah organik dan anorganik dari rumah masing-masing. Sampah organik dapat dibuang langsung pada tempat sampah organik yang telah dibuat oleh tim PKM. Sampah organik yang dapat dimanfaatkan sebagai media tanam setelah beberapa minggu kemudian. Sampah anorganik seperti plastik, stereoform dan sejenisnya dapat dibakar pada tungku pembakar sampah yang juga telah dibuat oleh tim PKM. Tungku pembakar sampah yang dibuat didesain agar abu hasil pembakaran tidak menyebar dan tidak mencemari lingkungan. Akhir kegiatan dilakukan monitoring untuk memantau respon warga terhadap pelaksanaan kegiatan. Kuisioner berbasis daring dilakukan untuk memonitor hasil kegiatan. Berdasarkan hasil kuisioner, seluruh responden sepakat untuk memisahkan sampah organik dan anorganik. Sejumlah 68,2 % responden sangat setuju dan sisanya 31,8 % setuju untuk memisahkan sampah organik dan anorganik. Terkait pemisahan sampah dimulai dari rumah masing-masing, sebanyak 59,1 % responden sangat setuju dan sisanya 40,9 % setuju. Sementara terdapat 95,4 % responden yang berkenan menggunakan fasilitas tempat sampah organik dan tungku pembakaran sampah.

Published
2021-12-02
How to Cite
ABDULLATIF, Farzand; HARTONO, Hartono; SUGITO, Sugi. Sosialisasi dan Pembuatan Tempat Sampah Organik dan Anorganik di Perumahan Griya Satria Indah II Sumampir. Jurnal Serambi Abdimas, [S.l.], v. 2, n. 02, p. 99-104, dec. 2021. ISSN 2723-4738. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/sa/article/view/5008>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.sa.2021.2.02.5008.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.