Teknologi Olahan Umbi Gadung Menjadi Keripik Gadung Yang Awet, Bercita Rasa Dan Bernilai Ekonomis Tinggi

  • Najma Istikaanah

Abstract

IKM Zoefa Snack didirikan Tahun 2017 memiliki 5 pekerja yang terdiri dari ibu-ibu rumah tangga di Dukuh Wetan Pituruh Purworejo, IKM ini memiliki usaha dan kegiatan produksi aneka olahan makanan ringan yang produk unggulannya yaitu umbi gadung diantaranya kerupuk dan chips gadung aneka rasa. Akan tetapi pemasaran produk ini masih terbatas untuk memenuhi pasar Kabupaten Purworejo dan Yogyakarta. Beberapa permasalahan yang ada yaitu mutu tidak seragam, belum ada informasi nilai gizi dan kadar HCN, belum dilaksanakannya manajemen mutu dan keamanan pangan serta beberapa produk belum ada PIRT dan label halal. Oleh karena Tim PKM berusaha untuk memperbaiki pengolahan, pengemasan pelabelan dan pendaftaran PIRT serta label halal sehingga akan meningkatkan nilai ekonomis produk dan dapat dijadikan sebagai peluang usaha bagi mitra Mitra diharapkan dapat meningkatkan kapasitas produknya dan produk semakin baik kualitasnya dengan kemasan dan label yang menarik, memiliki P.IRT dan label halal MUI sehingga lebih awet, bernilai jual tinggi dan jangkauan pemasaran yang lebih luas. Dampak lebih jauh dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan mempopulerkan keripik gadung sebagai produk unggulan Pituruh yang merupakan daerah kaya akan umbi gadung.

Published
2021-06-08
How to Cite
ISTIKAANAH, Najma. Teknologi Olahan Umbi Gadung Menjadi Keripik Gadung Yang Awet, Bercita Rasa Dan Bernilai Ekonomis Tinggi. Serambi Abdimas, [S.l.], v. 2, n. 01, p. 67 - 70, june 2021. ISSN 2723-4738. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/sa/article/view/4179>. Date accessed: 03 dec. 2021. doi: https://doi.org/10.20884/1.sa.2021.2.01.4179.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.