Pelatihan Pembuatan Pewangi Laundry di Kelurahan Berkoh, Kecamatan Purwokerto Selatan , Kabupaten Banyumas

  • Mardiyah Kurniasih Universitas Jenderal Soedirman
  • zusfahair zusfahair
  • purwati purwati

Abstract

Salah satu organisasi yang telah ada dan diakui manfaatnya bagi masyarakat, terutama dalam upaya meningkatkan keberdayaan dan kesejahteraan keluarga adalah gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Berkoh merupakan salah satu kelurahan di Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas. Berdasarkan survey awal, keinginan para Ibu-ibu di Rt 5 Rw 6 sangat besar dalam mencari penghasilan tambahan, namun hal ini terkendala karena kurangnya ketrampilan mereka. tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah menumbuhkan motivasi Ibu-ibu anggota kelompok PKK untuk membuat sebuah home industri dan pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan keluarga. Luaran dari kegiatan ini adalah produk pewangi laundry, yang dapat dikembangkan sebagai home idustri. Indikator keberhasilan kegiatan ini dilihat dari kenaikan nilai pretest dan postest dari peserta kegiatan pelatihan. Selain itu juga dilihat dari terbentuknya home industri yang membuat pewangi laundry di Rt 5 Rw 6 Desa Berkoh. 

Published
2021-06-08
How to Cite
KURNIASIH, Mardiyah; ZUSFAHAIR, zusfahair; PURWATI, purwati. Pelatihan Pembuatan Pewangi Laundry di Kelurahan Berkoh, Kecamatan Purwokerto Selatan , Kabupaten Banyumas. Jurnal Serambi Abdimas, [S.l.], v. 2, n. 01, p. 50 - 54, june 2021. ISSN 2723-4738. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/sa/article/view/3328>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.sa.2021.2.01.3328.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.