Bahasa Indonesia Penggunaan Tulang Napier dalam Meningkatkan Kemampuan Operasi Perkalian Siswa Kelas IV

  • Agung Prabowo Jurusan Matematika FMIPA Unsoed

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan tulang Napier terhadap prestasi siswa SD Kelas IV pada mata pelajaran matematika, khususnya operasi perkalian. Sampel penelitian adalah siswa Kelas IV SDN 1 Pekaja sebanyak 17 orang. Pembelajaran dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan masing-masing selama 70 menit dan diselesaikan dalam waktu satu minggu. Jenis penelitian adalah pretes and postes dengan pemberian pretes pada awal pembelajaran dan postes pada akhir pembelajaran. Hipotesis penelitian diuji dengan membandingkan hasil pretes dan postes secara statistik pada tingkat signifikansi α = 0,05 menggunakan paired t-test. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi siswa Kelas IV SDN 1 Pekaja yang belajar matematika dengan tulang Napier.

Published
2020-06-29
How to Cite
PRABOWO, Agung. Bahasa Indonesia Penggunaan Tulang Napier dalam Meningkatkan Kemampuan Operasi Perkalian Siswa Kelas IV. Jurnal Serambi Abdimas, [S.l.], v. 1, n. 01, p. 5-10, june 2020. ISSN 2723-4738. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/sa/article/view/2618>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.sa.2020.1.01.2618.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.