Pembuatan dan Pengenalan Alat Peraga IPA di MTs Al-Ikhsan Beji Purwokerto

  • hartono hartono hartono universitas jenderal soedirman

Abstract

Pembuatan alat peraga dapat digunakan untuk membantu proses belajar mengajar. Alat peraga optik dan kelistrikan sudah berhasil dibuat dan dikenalkan di MTs Al-Ikhsan Beji Purwokerto. Alat peraga optik digunakan untuk membantu menjelaskan materi yang berhubungan dengan sifat pemantulan dan pembiasan cahaya. Alat peraga kelistrikan digunakan untuk membantu menjelaskan hukum Ohm, rangkaian seri dan rangkaian paralel. Pengenalan alat peraga optik dilakukan terhadap 42 siswa dan seorang guru IPA. Pemantauan respon siswa terhadap penggunaan alat peraga dilakukan menggunakan kuisioner. Respon siswa 99% menyatakan alat peraga membantu pemahaman siswa, 75% siswa menyatakan alat peraga relevan dengan materi pembelajaran,  94% siswa menyatakan alat peraga dapat meningkatkan minat belajar, 98% menyatakan dapat memicu kreativitas dan 88% siswa menyatakan perlu pembuatan alat peraga yang lain.

Published
2020-06-29
How to Cite
HARTONO, hartono hartono. Pembuatan dan Pengenalan Alat Peraga IPA di MTs Al-Ikhsan Beji Purwokerto. Jurnal Serambi Abdimas, [S.l.], v. 1, n. 01, p. 1-4, june 2020. ISSN 2723-4738. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/sa/article/view/2614>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.sa.2020.1.01.2614.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.