Strategi Pengembangan Obyek Pariwisata Alam Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Studi Kasus di Obyek Wisata Baturraden Kabupaten Banyumas

Main Article Content

Tita Sobariah

Abstract

Pengembangan pariwisata merupakan hal yang penting, seperti halnya obyek wisata Baturraden yang memiliki tingkat kunjungan paling tinggi di Kabupaten Banyumas dan pesatnya peningkatan kunjungan wisatawan setiap tahunnya. Sektor pariwisata merupakan sektor potensial di Kabupaten Banyumas, tetapi pengembangan obyek wisata Baturraden  belum maksimal, seperti masih kurangnya lahan parkir dan jalan raya yang sempit serta kurangnya atraksi wisata yang disuguhkan, sehingga perlu adanya strategi yang tepat dalam pengembangannya. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis strategi pengembangan pariwisata  obyek wisata Baturraden. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan Focus Group Discussion (FGD). Metode analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT. Lokasi penelitian di obyek wisata Baturraden. Hasil penelitian memperoleh analisis strategi agresif atau gabungan S-O (strenght-opportunities), yang terdiri dari beberapa strategi yang pertama adalah strategi promosi yaitu meningkatkan promosi pariwisata yang belum maksimal dalam memanfaatkan  teknologi informasi yang dapat dijangkau luas. Yang kedua strategi pengembangan melalui peningkatan kualitas produk wisata, terutama dalam mengemas budaya dan atraksi wisata secara rutin untuk menambah daya tarik wisata. Dan yang ketiga adalah strategi mempertahankan kearifan lokal yaitu keramahan masyarakat agar dapat menciptakan pengalaman baik bagi wisatawan.


 

Article Details

How to Cite
SOBARIAH, Tita. Strategi Pengembangan Obyek Pariwisata Alam Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. Public Policy and Management Inquiry, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 175-184, feb. 2021. ISSN 2714-626X. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/ppmi/article/view/2419>. Date accessed: 16 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.20884/1.ppmi.2020.4.2.2419.
Section
Articles