PARTISIPASI ANGGOTA PERKUMPULAN PETANI PEMAKAI AIR DALAM REHABILITASI JARINGAN IRIGASI TERSIER DI KECAMATAN WANASARI KABUPATEN BREBES

Main Article Content

Agus Riyanto Bambang Tri Harsanto Sukarso Sukarso

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat partisipasi, serta faktor-faktor yang menentukan tingkat partisipasi anggota P3A dalam rehabilitasi jaringan irigasi tersier di Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah perpaduan metode kuantitatif dan kualitatif. Sasaran penelitian yaitu anggota P3A di Kecamatan Wanasari sebanyak 362 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat partisipasi anggota P3A dalam rehabilitasi jaringan irigasi tersier di Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes masih belum optimal dan dapat digambarkan pada: a) Tingkat partisipasi dalam pengambilan keputusan pada pengelolaan masuk dalam kategori sedang, anggota P3A baru sebatas ikut serta dalam tahapan pengambilan keputusan atau konsep kebijakan yang akan ditetapkan; b) Tingkat partisipasi dalam pelaksanaan masuk dalam kategori sedang, bentuk partisipasi mayoritas anggota P3A masih terbatas dalam bentuk non materiil atau berupa tenaga tetapi belum berpartisipasi dalam bentuk materiil yang berupa iuran wajib anggota P3A c) Tingkat partisipasi dalam pemanfaatan hasil masuk kategori sedang, masih banyak anggota P3A yang memanfaatkan jasa pihak ketiga dalam memanfaatkan air irigasi untuk mengairi sawahnya. d) Tingkat partisipasi dalam evaluasi masuk dalam kategori sedang, mayoritas anggota P3A hanya terlibat sebatas dalam pengawasan penggunaan anggaran, masih belum ada kesadaran secara individu dalam evaluasi dengan dijumpai banyak kebocoran di saluran irigasi yang tidak diperbaiki atau dilaporkan ke kelompoknya sehingga berdampak pada terhambatnya aliran air irigasi pada saluran. Faktor penentu tingkat partisipasi yang terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal secara umum tidak seluruhnya menentukan tingkat partisipasi anggota P3A dalam rehabilitasi jaringan irigasi tersier di Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes.


Kata Kunci: Partisipasi, Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), rehabilitasi jaringan Jaringan Irigasi Tersier.

Article Details

How to Cite
RIYANTO, Agus; HARSANTO, Bambang Tri; SUKARSO, Sukarso. PARTISIPASI ANGGOTA PERKUMPULAN PETANI PEMAKAI AIR DALAM REHABILITASI JARINGAN IRIGASI TERSIER DI KECAMATAN WANASARI KABUPATEN BREBES. Public Policy and Management Inquiry, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-13, aug. 2016. ISSN 2714-626X. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/ppmi/article/view/1720>. Date accessed: 14 july 2020.
Section
Articles