MOTIVASI USAHA SEBAGAI MEDIATOR HUBUNGAN ANTARA PERILAKU INOVATIF DAN KREATIVITAS TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PENGUSAHA BATIK TULIS DI KABUPATEN KEBUMEN

Main Article Content

Siti Nur Azizah

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh perilaku inovatif dan kreativitas terhadap keberhasilan usaha, dengan dimediasi oleh motivasi usaha. Responden dalam penelitian ini adalah para pengusaha batik tulis di Kabupaten Kebumen. Jumlah sampel yang diujikan sebanyak 58 orang dan analisis data menggunakan uji Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas berpengaruh terhadap motivasi dan keberhasilan usaha, dan motivasi memediasi hubungan antara kreativitas dengan keberhasilan usaha. Namun, perilaku inovatif tidak berpengaruh terhadap motivasi maupun keberhasilan usaha. Sehingga motivasi tidak memediasi hubungan antara perilaku inovatif dengan keberhasilan usaha.

Article Details

How to Cite
AZIZAH, Siti Nur. MOTIVASI USAHA SEBAGAI MEDIATOR HUBUNGAN ANTARA PERILAKU INOVATIF DAN KREATIVITAS TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PENGUSAHA BATIK TULIS DI KABUPATEN KEBUMEN. Performance, [S.l.], v. 24, n. 2, p. 34-49, apr. 2018. ISSN 2615-8094. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/performance/article/view/695>. Date accessed: 26 apr. 2018. doi: https://doi.org/10.20884/1.performance.2017.24.2.695.
Section
Articles