Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Dana Coorporate Social Responbility (CSR) sebagai Variabel Moderating Pada Sektor Pertambangan dan Sektor Industri dasar dan Kimia Di Indonesia.

Main Article Content

Isti Dahliatul Khasanah Indah Yuliana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh Profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan dana coorporate social responbility (CSR) apakah memperlemah ataupun justru memperkuat. Penelitian kami memberikan wawasan bagaimana profitabilitas melalui dana CSR tersebut dapat meningkatkan nilai perusahaan. Perusahaan dapat berkontribusi secara signifikan dalam meningkatkan nilai lingkungan dan sosial. jika perusahaan tersebut semakin berkembang dan meluas maka perusahaan tersebut semakin luas juga untuk memanfaatkan sumber-sumber alam maupun masyarakat sosial semakim meluas dan citra terlihat baik dimasyarakat maka secara tidak langsung dapat meningatkan profitabilitasnya. Penelitian ini terdiri dari 15 sampel perusahaan sektor pertambangan dan sektor industri dasar dan kimia dengan menggunakan teknik purposive sampling selama periode 2016-2018 sementara metode analisis yang kami gunakan adalah analisis statistic deskriptif dan partial least square (PLS). Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa profitabilitas yang menggunakan indicator Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE) berpengaruh signifikan dan positif terhadap nilai perusahaan, dana Coorporate Social Responbility tidak signifikan dan berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, dana Coorporate Social Responbility mampu memoderasi secara positif atau memperkuat hubungan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Pada variabel yang digunakan dalam penelitian ini menunjukan bahwa variabel tersebut dapat menjelaskan nilai perusahaan sebesar 44,3% sedangkan sisanya sebesar 56,7% dipengaruhi oleh varibel lain yang tidak terdapat dalam model penelitian ini.

Article Details

How to Cite
KHASANAH, Isti Dahliatul; YULIANA, Indah. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Dana Coorporate Social Responbility (CSR) sebagai Variabel Moderating Pada Sektor Pertambangan dan Sektor Industri dasar dan Kimia Di Indonesia.. Performance: Jurnal Personalia, Financial, Operasional, Marketing dan Sistem Informasi, [S.l.], v. 27, n. 01, p. 51-59, jan. 2020. ISSN 2615-8094. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/performance/article/view/2074>. Date accessed: 12 july 2020. doi: https://doi.org/10.20884/1.jp.2020.27.01.2074.
Section
Articles