Pengaruh Direct Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Arabika Malabar Mountain Coffee Studi Kasus pada konsumen PT. Sinar Mayang Lestari

Main Article Content

Regina Ramadani Yalanda

Abstract

Konsumsi kopi di Indonesia dalam kurun waktu beberapa tahun ini mengalami peningkatan sebesar 8% pertahunnya. Hal ini didukung dengan pesatnya pertumbuhan usaha industri  kopi dibeberapa daerah karena semakin banyak masyarakat yang sangat menyukai minuman yang berasal dari biji kopi ini. Banyaknya usaha yang bergerak di bisnis serupa menimbulkan tingginya persaingan yang kompetitif antar produsen. Salah satu upaya yang perlu dilakukan adalah menggunakan strategi pemasaran yang tepat untuk menarik minat beli konsumen potensial. PT. Sinar Mayang Lestari merupakan produsen industri kopi dengan merk dagang Malabar Mountain Coffee. Dalam menghadapi pesaing, perusahaan menggunakan dua bentuk direct marketing yaitu face to face selling dan online marketing.  Face to face selling dilakukan melalui kegiatan exhibition dan juga roadshow coffee sedangkan online marketing melalui media sosial. Kedua bentuk direct marketing ini dijadikan sebagai unit analisis dalam penelitian ini. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif menggunakan regresi linier berganda dimana face to face selling dan online marketing sebagai variabel bebas dan keputusan pembelian sebagai variabel terikat. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampel dengan sampel sebanyak 100 responden. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemasaran langsung terhadap keputusan pembelian kopi arabika Malabar Mountain Coffee. Hasil Penelitian menunjukan bahwa direct marketing secara bersama-sama yang terdiri dari face to face selling dan online marketing mempengaruhi konsumen dalam memutuskan untuk membeli kopi arabika Malabar Mountain Coffee.

Article Details

How to Cite
YALANDA, Regina Ramadani. Pengaruh Direct Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Arabika Malabar Mountain Coffee. Performance, [S.l.], v. 26, n. 1, p. 27-38, jan. 2019. ISSN 2615-8094. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/performance/article/view/1413>. Date accessed: 21 apr. 2019. doi: https://doi.org/10.32424/1.performance.2019.26.1.1413.
Section
Articles