PROSES PUBLIC RELATIONS PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @KERETAAPIKITA

Main Article Content

Nadia Zulfa Nur Azizah Ayub Ilfandy Imran

Abstract

Dewasa ini muncul banyak akun-akun Instagram perusahaan termasuk perusahaan jasa transportasi di Indonesia sebagai salah satu cara untuk melakukan fungsi public relations, salah satu perusahaan jasa tersebut adalah PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Walau menjadi satu-satunya perusahaan perkeretaapian di Indonesia, namun PT. Kereta Api Indonesia (Persero) harus tetap melakukan public relations demi menjaga hubungan dengan masyarakat dan membangun citra positif perusahaan. Salah satu cara yang dilakukan oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero) adalah pengelolaan akun resmi Instagram yaitu @keretaapikita. Maka dari itu, penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya perusahaan untuk melakukan public relations guna  menjaga hubungan dengan masyarakat serta membangun citra perusahaan. Objek penelitian ini adalah proses public relations akun resmi Instagram @keretaapikita yang unik dan tentu saja berbeda dengan akun-akun Instagram perusahaan jasa transportasi lainnya. Teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian ini yaitu konsep public relations, proses public relations, dan citra. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa unit Public Relations PT. Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan semua proses public relations seperti fact finding, planning, communicating, dan evaluating dalam mengelola akun Instagram @keretaapikita dengan mengemas konten yang menarik sehingga dapat membuat citra positif perusahaan di mata masyarakat.

Article Details

How to Cite
NUR AZIZAH, Nadia Zulfa; IMRAN, Ayub Ilfandy. PROSES PUBLIC RELATIONS PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @KERETAAPIKITA. Performance, [S.l.], v. 26, n. 1, p. 19-26, jan. 2019. ISSN 2615-8094. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/performance/article/view/1385>. Date accessed: 21 oct. 2019. doi: https://doi.org/10.20884/1.jp.2019.26.1.1385.
Section
Articles