Analisis pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, dan harga terhadap kepuasan konsumen Studi kasus pada konsumen industri/toko bakery di Kota Bengkulu
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, dan harga terhadap kepuasan pelanggan terhadap toko industri/toko roti di Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk memperjelas hubungan atau pengaruh yang ada antar variabel yang diteliti. Jenis data menggunakan data primer yang dikumpulkan dari kuesioner. Responden penelitian ini adalah pelanggan industri/toko roti di Kota Bengkulu sebanyak 2.400 orang yang diambil dengan teknik penilaian (purposive sampling). Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan mean, tabel distribusi frekuensi, dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis, secara simultan kualitas produk, kualitas layanan, dan harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan industri/toko roti di Kota Bengkulu. Selanjutnya, secara parsial kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan industri/toko kue di Kota Bengkulu, sedangkan harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan industri/toko roti di kota Bengkulu.