HUBUNGAN HIPERTENSI DENGAN STADIUM PENYAKIT PARKINSON BERDASARKAN KRITERIA HOEHN & YAHR (Studi pada Pasien Parkinson RSUD Margono Soekarjo Purwokerto)

  • Adzra Alifiah Unsoed
  • Prasetyo Tri Kuncoro
  • Tendi Novara

Abstract

Salah satu faktor risiko dari penyakit Parkinson adalah hipertensi, namun apakah hipertensi berhubungan dengan progresivitas penyakit Parkinson masih belum jelas. Kriteria Hoehn & Yahr merupakan salah satu kriteria yang dapat digunakan untuk menggolongkan progresivitas penyakit Parkinson menjadi 5 stadium. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara hipertensi dengan stadium penyakit Parkinson berdasarkan kriteria Hoehn & Yahr pada pasien Parkinson RSUD Margono Soekarjo Purwokerto. Metode penelitian ini menggunakan design cross-sectional dengan sampel penelitian sebanyak 48 pasien di poli saraf RSUD Margono Soekarjo Purwokerto. Variabel hipertensi diukur pada saat pasien datang ke poli saraf RSUD Margono Soekarjo Purwokerto untuk kontrol penyakit Parkinson dan variabel stadium penyakit Parkinson berdasarkan kriteria Hoehn & Yahr dinilai dengan pengamatan peneliti. Data penelitian dilakukan analisis menggunakan uji Somers’d. Hasil analisis bivariat antara hipertensi dengan stadium Hoehn & Yahr menunjukkan nilai p = 0,517 dan r = -0,084. Artinya tidak terdapat korelasi yang bermakna antara hipertensi dengan stadium penyakit Parkinson berdasarkan kriteria Hoehn & Yahr dengan kekuatan korelasi yang sangat lemah dan arah korelasi negative. Hal tersebut berarti semakin tinggi stadium hipertensi maka semakin rendah stadium Hoehn & Yahr. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat korelasi yang bermakna antara hipertensi dengan stadium penyakit Parkinson berdasarkan kriteria Hoehn & Yahr.

Published
2022-05-30
How to Cite
ALIFIAH, Adzra; KUNCORO, Prasetyo Tri; NOVARA, Tendi. HUBUNGAN HIPERTENSI DENGAN STADIUM PENYAKIT PARKINSON BERDASARKAN KRITERIA HOEHN & YAHR (Studi pada Pasien Parkinson RSUD Margono Soekarjo Purwokerto). Medical and Health Journal, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 84-95, may 2022. ISSN 2807-3541. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/mhj/article/view/5640>. Date accessed: 03 dec. 2022. doi: https://doi.org/10.20884/1.mhj.2022.2.1.5640.