Hubungan Lingkar Pinggang Dengan Kejadian Herniasi Nukleus Pulposus (HNP) di RSUD Margono Soekarjo Purwokerto

  • fatiha sri utami tamad unsoed
  • Mohamad Faqih Laboratorium Anatomi FK Unsoed
  • Massita dwi yuliani Bagian Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Latar Belakang : Angka obesitas di beberapa kota di Indonesia mengalami peningkatan sehingga berdampak serius terhadap pembangunan bangsa Indonesiadi bidang kesehatan. Terdapat dua jenis obesitas, yakni obesitas umum dan obesitas sentral. Obesitas sentral dianggap sebagai faktor risiko yang berkaitan erat dengan beberapa penyakit kronis. Cara mengukurnya dengan menggunakan ukuran lingkar pinggang (LP). Dikatakan abnormal jika laki-laki memiliki lingkar pinggang >90 cm, atau perempuan dengan lingkar pinggang >80 cm. Jika seseorang mengalami obesitas sentral maka kelebihan berat badan berpusat di daerah pinggang yang menambah beban vertebra segmen lumbal dan tekanan pada diskus interertebralis sehingga rentan terjadi herniasi pada daerah tersebut.


Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan lingkar pinggang dengan kejadian Herniasi Nukleus Pulposus (HNP) di RSUD Margono Soekarjo Purwokerto.


Metode : Desain penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan kasus kontrol. Diagnosis HNP ditegakkan oleh dokter ahli berdasarkan anamnesis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang (MRI). Hasil penelitian dianalisis dengan Chi Square.


Hasil : Hasil penelitian dengan analisis Chi Square menunjukkan terdapat hubungan lingkar pinggang dengan kejadian Herniasi Nukleus Pulposus (HNP) di RSUD Margono Soekarjo Purwokerto (OR: 0,153; 95% CI:0,071-0,332 : p=0,000)


Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian, dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan lingkar pinggang dengan kejadian Herniasi Nukleus Pulposus (HNP) di RSUD Margono Soekarjo Purwokerto.

Published
2021-12-27
How to Cite
TAMAD, fatiha sri utami; FAQIH, Mohamad; YULIANI, Massita dwi. Hubungan Lingkar Pinggang Dengan Kejadian Herniasi Nukleus Pulposus (HNP) di RSUD Margono Soekarjo Purwokerto. Mandala Of Health, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 59-66, dec. 2021. ISSN 2615-6954. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/mandala/article/view/1298>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.mandala.2021.14.2.1298.