FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP LOW BACK PAIN (LBP) PADA PEKERJA DI HOME INDUSTRI BATIK SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS

  • siti harwanti jurusan kesehatan masyarakat unsoed
  • Nur Ulfah
  • Panuwun Joko Nurcahyo

Abstract

INTISARI


Low back pain (LBP) adalah nyeri yang dirasakan pada daerah punggung bawah, rasa nyeri ini terasa diantara sudut iga terbawah sampai di daerah lumbal. Low back pain berhubungan dengan posisi kerja duduk yang lama. LBP banyak terjadi pada tenaga kerja yang bekerja dalam posisi duduk dalam jangka waktu lama seperti home industri batik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap  low back pain (LBP) pada pekerja di home industri batik Sokaraja Kabupaten Banyumas. Metode penelitian yang digunakan adalah analitik observasi dengan pendekatan Cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 60 tenaga kerja, pengambilan sampel dengan mengunakan total sampling. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa faktor yang terbukti berpengarug terhadap LBP adalah umur dengan p value 0,046, kebiasan olah raga dengan p value 0,000 dan masa kerja dengan  p value 0,000. Saran dalam penelitian ini adalah agar tenaga kerja melakukan olah raga minimal 3 kali dan maksinal 5 kali dalam satu minggu, dalam setiap latihan minimal 30 menit.


 


Kata kunci : Low Back Pain, Pekerja batik, Sokaraja

Published
2018-07-30
How to Cite
HARWANTI, siti; ULFAH, Nur; NURCAHYO, Panuwun Joko. FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP LOW BACK PAIN (LBP) PADA PEKERJA DI HOME INDUSTRI BATIK SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS. Kesmas Indonesia, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 109-123, july 2018. ISSN 2579-5414. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/kesmasindo/article/view/995>. Date accessed: 21 apr. 2019. doi: https://doi.org/10.20884/1.ki.2018.10.2.995.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.