Hubungan Beban Kerja Fisik terhadap Kelelahan pada Tempat Kerja dengan Kebisingan Tinggi

  • Ida Wahyuni Diponegoro University

Abstract

ABSTRAK


Kelelahan merupakan salah satu faktor penyebab tingginya kecelakaan kerja. Menurut data ILO tercatat setiap tahun sebanyak dua juta pekerja mengalami kecelakaan akibat faktor kelelahan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan beban kerja fisik terhadap kelelahan di tempat kerja dengan kebisingan tinggi pada pekerja industri informal pengolahan kayu di kecamatan Grabag. Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 44 responden dengan menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner karakteristik pekerja, pengukuran intensitas kebisingan menggunakan Noise dosimeter, pengukuran beban kerja fisik dengan metode denyut nadi, dan kelelahan kerja menggunakan KAUPK2. Uji statistik yang digunakan adalah uji chi-square dengan α 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 29 responden (65,9%) mengalami lelah dan 15 responden (34,1%) mengalami kurang lelah. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara usia (p 0,000), masa kerja (p 0,042), dan beban kerja fisik (p 0,02) terhadap kelelahan kerja umum. Sedangkan status gizi tidak memiliki hubungan terhadap kelelahan kerja umum (p 0,656). Sarannya adalah pekerja sebaiknya memanfaatkan waktu istirahat dengan optimal untuk meminimalisir kelelahan kerja yang dialami.


Kata kunci: beban kerja fisik, kebisingan, kelelahan, industri pengolahan kayu

Published
2023-01-30
How to Cite
WAHYUNI, Ida. Hubungan Beban Kerja Fisik terhadap Kelelahan pada Tempat Kerja dengan Kebisingan Tinggi. Kesmas Indonesia, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 49-63, jan. 2023. ISSN 2579-5414. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/kesmasindo/article/view/7482>. Date accessed: 23 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.ki.2023.15.1.7482.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.