ANALISIS KESESUAIAN PENGGUNAAN SAFETY SIGN TERHADAP KESIAPSIAGAAN BENCANA DI PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO), TBK KANTOR CABANG SEMARANG

  • Atha Firza Azzahra Universitas Diponegoro Semarang
  • Ida Wahyuni Universitas Diponegoro Semarang
  • Ekawati Ekawati Universitas Diponegoro Semarang

Abstract

Safety sign adalah tanda – tanda atau rambu keselamatan yang dapat menarik perhatian dan dapat memberikan informasi dengan jelas tentang potensi bahaya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesesuaian penggunaan safety sign terhadap kesiapsiagaan bencana di PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk Kantor Cabang Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam dengan enam orang informan utama dan dua orang informan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sign jalur evakuasi dan titik kumpul yang terpasang berbahan glow in the dark sehingga tulisan dan gambar masih dapat terlihat jelas dalam kondisi ruangan gelap. Kondsi sign jalur evakuasi dan titik kumpul yang terpasang tahan terhadap air, panas, dan goresan, memiliki daya rekat yang tinggi sehingga tidak mudah lepas atau terjatuh saat dipasang. Tata letak sign jalur evakuasi dan titik kumpul yang terpasang tidak menghalangi jarak pandang dan tulisan dapat terbaca dengan jelas. Terdapat pelatihan kesiapsiagaan bencana yaitu fire drill alat tradisional dan modern serta pelatihan evakuasi. 

Published
2021-07-30
How to Cite
AZZAHRA, Atha Firza; WAHYUNI, Ida; EKAWATI, Ekawati. ANALISIS KESESUAIAN PENGGUNAAN SAFETY SIGN TERHADAP KESIAPSIAGAAN BENCANA DI PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO), TBK KANTOR CABANG SEMARANG. Kesmas Indonesia, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 158-167, july 2021. ISSN 2579-5414. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/kesmasindo/article/view/4069>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.ki.2021.13.2.4069.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.