HUBUNGAN PENGETAHUAN,SIKAP, DAN PAPARAN INFORMASI DENGAN PERAN SUAMI DALAM PENCEGAHAN BAYI BERAT LAHIR RENDAH DI PUSKESMAS II SUMBANG DAN KEDUNGBANTENG

  • Setiyowati Rahardjo
  • Erna Kusumawati
  • Ibnu Zaki

Abstract

Prevalensi bayi berat lahir rendah (BBLR) di wilayah kerja Puskesmas II Sumbang (7,1%) dan Kedungbanteng pada tahun 2015 masih menjadi masalah kesehatan (5,57%). Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah kejadian BBLR adalah dengan mengoptimalkan peran suami. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan,sikap dan akses informasi dengan peran suami dalam pencegahan BBLR. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh suami dari ibu yang mempunyai bayi berusia 0-3 bulan dan tercatat di Puskesmas II Sumbang dan  Kedungbanteng, Sampel dipilih dengan cluster random sampling sebanyak 100 responden. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner. Analisis data meliputi anallisis univariat untuk menggambarkan masing-masing variabel, bivariat dengan uji chi square dan multivariate menggunakan regresi logistik. Hasil univariat menunjukkan bahwa sebagian besar responden mempunyai peran pencegahan BBLR yang baik (70%), berpengetahuan baik (61%), memiliki sikap yang mendukung (55%), memiliki akses informasi yang baik (57%) .Analisis bivariat menunjukkan variabel yang berhubungan yaitu pengetahuan dan akses informasi. Analisis multivariat menunjukkan variabel yang mempengaruhi adalah akses informasi. Bagi pihak Puskesmas agar lebih mengoptimalkan penyebarluasan informasi tentang BBLR.

Published
2017-07-30
How to Cite
RAHARDJO, Setiyowati; KUSUMAWATI, Erna; ZAKI, Ibnu. HUBUNGAN PENGETAHUAN,SIKAP, DAN PAPARAN INFORMASI DENGAN PERAN SUAMI DALAM PENCEGAHAN BAYI BERAT LAHIR RENDAH DI PUSKESMAS II SUMBANG DAN KEDUNGBANTENG. Kesmas Indonesia, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 40-48, july 2017. ISSN 2579-5414. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/kesmasindo/article/view/297>. Date accessed: 24 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.