Agnes EFEKTIVITAS PELATIHAN TENTANG PENGOLAHAN SAMPAH PADAT ORGANIK DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN KETERAMPILAN IBU DALAM MENGOLAH SAMPAH

  • agnes fitria widiyanto unsoed
  • Elviera Gamelia
  • Arif Kurniawan

Abstract

Hasil kegiatan observasi peneliti terhadap masalah PHBS pada tatanan rumah tangga di wilayah Puskesmas I dan II Baturraden diperoleh bahwa masalah pengelolaan sampah adalah masalah yang paling dominan dan paling dirasakan oleh masyarakat dibandingkan dengan indikator PHBS pada tatanan rumah tangga yang lainnya. Berdasarkan hal tersebut perlu dilakukan program pelatihan pengolahansampah padat menggunakan metode composting yaitu pengolahan sampah padat organik menjadi kompos. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu atau quasi eksperimen. Rancangan yang digunakan adalah “Pre Test Post Test Design”. Sampel dalam penelitian ini adalah 41 kader kesehatan dan ibu PKK yang terdiri dari 18 orang dari Desa Karangmangu dan 23 orang dari Desa Karang Tengah. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Pengetahuan responden mengenai pengolahan sampah padat organik dengan media komposter setelah dilakukan pelatihan mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 3,45% dari sebelum pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan sikap responden mengenai pengolahan sampah padat organik dengan media komposter setelah dilakukan pelatihan mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 4,48% dari sebelum pelatihan. Keterampilan responden mengenai pengolahan sampah padat organik dengan media komposter setelah dilakukan pelatihan mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 4,78% dari sebelum pelatihan.Terdapat perbedaan yang signifikan antara pengetahuan (p=0,03), sikap (p=0,01) dan keterampilan (p=0,014) responden mengenai pengolahan sampah padat organik dengan media komposter sebelum dan sesudah pelatihan.

Published
2017-07-30
How to Cite
WIDIYANTO, agnes fitria; GAMELIA, Elviera; KURNIAWAN, Arif. Agnes EFEKTIVITAS PELATIHAN TENTANG PENGOLAHAN SAMPAH PADAT ORGANIK DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN KETERAMPILAN IBU DALAM MENGOLAH SAMPAH. Kesmas Indonesia, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 11-24, july 2017. ISSN 2579-5414. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/kesmasindo/article/view/293>. Date accessed: 25 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.