FAKTOR PENYEBAB INSOMNIA PADA MAHASISWA TEKNIK ELEKTRONIKA PENS 2019 DAN SOLUSINYA DENGAN GAYA HIDUP SEHAT DAN MANAJEMEN WAKTU

  • Chumayroh Chumayroh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  • Ambarwati Rizkia Putri
  • Imamul Arifin

Abstract

ABSTRAK


Tidur merupakan waktu yang tepat  untuk tubuh dan pikiran beristirahat. Meskipun demikian, tidak mudah untuk tidur dengan nyenyak. Tak sedikit orang yang mengalami gangguan tidur seperti insomnia.  Insomnia merupakan gangguan tidur yang dapat mengganggu pertumbuhan fisik, emosional, kognitif, dan sosial orang dewasa. Insomnia bisa menyerang siapa saja tak terkecuali mahasiswa. Mahasiswa Teknik Elektronika PENS 2019 misalnya, mereka memiliki segudang aktivitas yang menyita waktu tidur mereka. Sehingga mereka banyak yang mengalami insomnia. Selain memiliki segudang aktivitas, ada banyak penyebab lain yang menyebabkan mereka insomnia. Pada penelitian kali ini, didapat dari kuisioner menunjukkan bahwa dari 20 mahasiswa, hanya 3 yang tidak mengalami insomnia. Sedangkan dari sesi wawancara terhadap 10 mahasiswa yang mengalami insomnia, didapat hasil bahwa faktor yang menyebabkan mereka mengalami insomnia adalah stress, banyak tugas dan laporan, banyak pikiran, pola tidur yang tidak baik, nonton film, serta minum kopi. Untuk mengatasi hal tersebut, kita dapat melakukan terapi sesuai dengan yang diajarkan dalam thibun nabawi, mengerjakan adab tidur sesuai sunnah Rasulullah, dan management waktu yang baik.

Published
2020-07-31
How to Cite
CHUMAYROH, Chumayroh; PUTRI, Ambarwati Rizkia; ARIFIN, Imamul. FAKTOR PENYEBAB INSOMNIA PADA MAHASISWA TEKNIK ELEKTRONIKA PENS 2019 DAN SOLUSINYA DENGAN GAYA HIDUP SEHAT DAN MANAJEMEN WAKTU. Kesmas Indonesia, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 84-94, july 2020. ISSN 2579-5414. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/kesmasindo/article/view/2675>. Date accessed: 26 sep. 2020. doi: https://doi.org/10.20884/1.ki.2020.12.2.2675.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.