PERSEPSI ORANG DEWASA TERHADAP KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA AWAL (STUDI KASUS DI JALUR PANTAI UTARA, JAWA BARAT)

  • Juariah Juariah Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Jawa Barat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi orang dewasa tentang kesehatan reproduksi remaja awal di daerah Pantai Utara Jawa Barat. Penelitian kualitatif ini dilaksanakan di Kecamatan Pusakajaya Kabupaten Subang pada Bulan Juli 2017. Informan ditetapkan secara purposif yaitu orangtua, guru dan tokoh masyarakat berjumlah 45 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan Diskusi Kelompok Terarah. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masalah utama kesehatan reproduksi remaja awal di daerah pantai utara adalah kehamilan yang tidak diinginkan untuk remaja putri dan merokok serta menggunakan NAPZA untuk remaja putra. Beberapa permasalahan yang berdampak terhadap kesehatan reproduksi remaja antara lain remaja menjadikan teman sebagai panutan, kesulitan orang dewasa berkomunikasi dengan remaja terkait kesehatan reproduksi, keterbatasan kurikulum, bahan dan alat bantu pengajaran kesehatan reproduksi di sekolah. Kemiskinan, lingkungan yang negatif dan kurangnya perhatian pemerintah setempat merupakan tantangan yang harus diselesaikan. Beberapa solusi yang ditawarkan adalah memperkuat ketahanan keluarga, meningkatkan kapasitas sekolah dalam memberikan pendidikan kesehatan reproduksi serta menyadarkan seluruh lapisan masyarakat secara terus menerus dengan didukung kebijakan pemerintah. Mengeksplorasi persepsi orang dewasa mengenai kesehatan reproduksi remaja awal dilakukan sebagai bentuk pelibatan sejak tahapan awal desain program agar mereka dapat menjadi mitra yang efektif dalam menemukan dan memenuhi kebutuhan kesehatan reproduksi remaja.

Published
2019-07-30
How to Cite
JUARIAH, Juariah. PERSEPSI ORANG DEWASA TERHADAP KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA AWAL (STUDI KASUS DI JALUR PANTAI UTARA, JAWA BARAT). Kesmas Indonesia, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 150-165, july 2019. ISSN 2579-5414. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/kesmasindo/article/view/1901>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.ki.2019.11.2.1901.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.