EFEKTIVITAS PELATIHAN OPTIMALISASI PERAN TOKOH MASYARAKAT TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG DIABETES MELITUS DAN PERANNYA DI DESA BABAKAN KECAMATAN KARANGLEWAS

  • Arif Kurniawan
  • Dian Anandari
  • Windri Lesmana Rubai
  • Arrum Firda Ayu Machfiroh

Abstract

Tokoh agama dan tokoh masyarakat yang berada di perdesaan mempunyai dukungan lebih rendah dalam mencegah Diabetes Melitus. Survey pendahuluan menunjukkan pengetahuan tokoh agama dan tokoh masyarakat di Desa Babakan masih rendah, dan belum optimalnya peran tokoh masyarakat sebagai penyuluh, peran tokoh masyarakat sebagai penggerak, peran tokoh masyarakat sebagai motivator, peran tokoh masyarakat sebagai katalisator, dan peran tokoh masyarakat sebagai teladan dalam mencegah diabetes mellitus di Desa Babakan. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas pelatihan dengan metode ceramah, diskusi dan praktek dalam peningkatan pengetahuan tentang diabetes melitus, dan pengetahuan tentang peran tokoh masyarakat dalam mencegah diabetes melitus. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment one group pre test-post test design pre dan post without control.  Populasi dalam penelitian ini adalah tokoh masyarakat dan tokoh agama di desa Babakan. Sampel penelitian ini adalah total populasi sejumlah 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan pelatihan tidak efektif meningkatkan pengetahuan tentang diabetes melitus, namun efektif meningkatkan pengetahuan tentang peran tokoh masyarakat dan tokoh agama dalam mencegah diabetes melitus di desa Babakan.

Published
2020-01-30
How to Cite
KURNIAWAN, Arif et al. EFEKTIVITAS PELATIHAN OPTIMALISASI PERAN TOKOH MASYARAKAT TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG DIABETES MELITUS DAN PERANNYA DI DESA BABAKAN KECAMATAN KARANGLEWAS. Kesmas Indonesia: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 9-15, jan. 2020. ISSN 2579-5414. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/kesmasindo/article/view/1888>. Date accessed: 13 july 2020. doi: https://doi.org/10.20884/1.ki.2020.12.1.1888.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.