PENGARUH LATIHAN PEREGANGAN (BACK EXERCISE) TERHADAP PENURUNAN LOW BACK PAIN (LBP) PADA PEKERJA BATIK TULIS DI DESA KAUMAN SOKARAJA

  • siti harwanti jurusan kesehatan masyarakat unsoed
  • Budi Aji
  • Nur Ulfah

Abstract

low back pain (LBP) adalah gangguan muskuloskeletal yang terjadi di punggung bawah yang dapat disebabkan oleh berbagai penyakit dan aktivitas tubuh yang kurang baik. Salah satu upaya untuk mengatasi LBP adalah kembali latihan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi latihan kembali yang menjadi perhatian menurunkan keluhan nyeri artisants batik di desa Kauman Sokaraja subsdistrict. Penelitian ini menggunakan teknik Experiment Quasi fenomenologis desain kelompok kontrol ekuivalen non (uji -post pra). Pengambilan sampel adalah menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan eksperimen Friedman untuk kelompok perlakuan dan berulang percobaan Annova untuk kelompok kontrol. analisis percobaan yang berbeda antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol dengan menggunakan Mann Whitney percobaan. Hasil penelitian Friedman pada kelompok perlakuan menunjukkan bahwa p-value = 0,000 (p <0,05), artinya terapi yang diberikan adalah efektif untuk menurunkan keluhan menyakitkan. Hasil penelitian Annova berulang di kelompok kontrol menunjukkan bahwa p-value = 0.234 (p> 0,05), artinya keluhan menyakitkan tampaknya tidak berbeda dalam kelompok kontrol. Hasil percobaan Mann Whitney menunjukkan bahwa p-value = 0,000 (p <0,05) artinya ada perbedaan antara keluhan nyeri pada kelompok perlakuan dan kelompok kontrol setelah melakukan kembali latihan. Ada efek dengan memberikan kembali terapi latihan yang perhatian menurunkan keluhan nyeri pinggang untuk artisants batik di Desa Kauman Kecamatan Sokaraja.


 


 


 


 

Published
2019-01-30
How to Cite
HARWANTI, siti; AJI, Budi; ULFAH, Nur. PENGARUH LATIHAN PEREGANGAN (BACK EXERCISE) TERHADAP PENURUNAN LOW BACK PAIN (LBP) PADA PEKERJA BATIK TULIS DI DESA KAUMAN SOKARAJA. Kesmas Indonesia, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 45-54, jan. 2019. ISSN 2579-5414. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/kesmasindo/article/view/1434>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.ki.2019.11.1.1434.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.